ADVERTISMENT

Cara Membuat Curriculum Vitae ( CV ) Yang Menarik Agar Diterima Kerja Di Perusahaan Yang Diinginkan

dikertasDUNIAKERJA

12 Sep 2018, 2 Bulan Lalu

Subscribe

Cara Membuat Curriculum Vitae ( CV ) Yang Menarik Agar Diterima Kerja Di Perusahaan Yang Diinginkan

Bagi anda yang sedang mencari sebuah pekerjaan, pastinya anda tidak asing lagi dengan yang namanya Curriculum Vitae ( CV ). CV adalah sebuah dokument yang berisikan daftar riwayat hidup si pelamar kerja yang akan di gunakan oleh perusahaan penyedia lowongan kerja untuk mengevaluasi kompetensi dan kemampuan pelamar kerja.

fungsi utama dari CV adalah untuk menuliskan kemampuan , potensi serta kompetensi si pelamar kerja yang di jabarkan dalam sebuah dkument tesendiri dan dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja sebagai syarat utama dalam melengkapi lamaran pekerjaan.

Dengan anda melampiran CVm maka profile hidup anda akan terjabarkan secara singkat dan tergambarkan dengan jelas dan struktural mulai dari riwayat pendidikan anda hingga pengalaman pengalaman bekerja anda yang bisa jadi nilai plus saat melamarr pekerjaan.

Namun dalam beberapa kasus, Terkadang CV tidak dibaca dengan seksama oleh Pihak HRD perusahaan penyedia lowongan kerja. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut karena CV yang anda lampirkan Kurang menarik untuk dibaca. Karena sifat dasar manusia yang terkadang menilai sesuatunya dari sampulnya, Tentu anda harus juga menyesuaikan dengan hal tersebut.  Oleh sebab itu anda diharuskan untuk membuat Cv yang semenarik mungkin untuk dibaca agar lebih menambah nilai plus anda saat melamar dan si pembaca CV anda pun tentunya tertarik untuk membaca CV anda. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk dibaca dan membuat anda lebih mudah di terima bekerja di perusahaan impian anda?. Berikut Cara Membuat Curriculum Vitae ( CV ) Yang Menarik Agar Diterima Kerja Di Perusahaan Yang Diinginkan.

Mencari Informasi Perusahaan Yang Akan Anda Lamar

Cari tahulah lebih mendalam mengenai perusahaan yang akan anda lamar, pastikan bahwa pekerjaan tersebut sesuai dengan kompetensi yang anda miliki. Catatlah berbagai informasi yang anda dapatkan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi anda dalam menyusun CV yang baik. 

Cari tahu juga visi dan misi dari perusahaan tersebut agar anda dapat mengevaluasi diri dan dapat mengimplementasikan etos kerja yang di tetapkan perusahaan yang anda lamar sesuai dengan kompetensi yang anda miliki dan jangan sampai anda melamar di perusahaan yang memiliki visi dan misi yang tidak dapat anda implementasikan dan terapkan pada diri anda dengan baik, karena bekerja pasti di tuntut untuk bekerja cepat, cermat dan efektif.

Mengetahui dan Memahami Keseluruh / Struktur Penulisan CV Yang Anda Buat

Mungkin pada umumnya banyak dari pembaca sudah mengetahui hal tersebut, namun ini akan tetap saya bahas karena informasi ini akan sangat berguna bagi anda yang baru pertama kali ingin melamar pekerjaan ( Fresh Graduatet ).

Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

1. Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
2. Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
3. Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
4. Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
5. Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
7. Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
8. Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Berhati hatilah saat anda menyusun CV, karena cv yang tidak memiliki strktur penulisan yang dan benar akan dapat membuat anda ditolak saat melamar. Hal ini dikarenakan pihak HRD akan mengalami kebingungan untuk membaca dan memahami CV yang anda lampirkan.

Membuat CV

Mulailah dengan anda mencari dan menentukan design CV yang akan anda buat. Ingat!, seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, buatlah CV yang semenarik mungkin untuk dibaca karena akan sangat mempengaruhi minat baca pihak HRD yang akan menyeleksi CV anda.

Pastikan juga bahwa design CV yang anda buat, sangat relevan dengan bidang pekerjaan yang akan anda lamar. Anda bisa membuat CV sendiri ataupun mencarinya di internet seperti CV generator ataupun membeli Template CV kepada orang lain yang menyediakannya.

Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah

Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.

Tulis jenjang pendidikan.

Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.

Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.

Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.

Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.

Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.

Mengevaluasi CV anda

bacalah kembali CV yang telah anda buat dengan teliti dan seksama. Patikan bahwa anda tidak memasukan data-data yang salah dan juga perhatikan tata bahasa yang anda gunakan yang tentunya harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan penulisan.

Mencoba Memerankan Segala Kondisi Saat Anda Melamar

Analisah lah CV anda dan cobalah anda rekonstruksikan bagaimana bila anda melamar nanti. analisahlah berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat anda melamar. hal ini dilakukan tentu untuk lebih mempersiapkan diri dari berbagai pertanyaan dan gestur yang akan anda terima saat melamar nanti dan tentunya anda punya sedikit persiapan dan akan lebih siap saat anda di wawancara pihak HRD perusahaan.

Patut di ingat, CV bukanlah satu satunya jalan bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, namu perusahan penyedia lowongan kerja juga memperhatikan kebutuhanperusahaan serta skill dan kompetensi si pelamat dan relevansinya dengan kebutuhan perusahaan. Jadi anda juga harus memastikan bahwa kemampuan anda dapat bergunakan secara efektid untuk calon perusahaan tempat anda bekerja.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Daftar Perpanjangan SIM Secara Online Tanpa ...

Bagi anda seorang pengendara roda 2 / 4, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang ...

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan ( Uang ) ...

Pekerjaan adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kian ...

Cara Membuat Curriculum Vitae ( CV ) ...

Bagi anda yang sedang mencari sebuah pekerjaan, pastinya anda tidak asing lagi dengan yang namanya ...

Tentang Kami | Hubungi Kami | Partnership
Term Of Use