Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Agar Sukses

Dunia Kerja

24 Feb 2019, pukul 01:32

Subscribe
156x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Agar Sukses

dikertas.com - Dalam dunia bisnis, diperlukan kemampuan yang cukup dalam pengembangan bisnis yang  anda rintis seperti kemampuan teknis dan kemampuan dalam menyelesaikan sebuah persoalan. Kedua hal tersbut menjadi sangat penting untuk mengembangkan bisnis anda kedepannya. Namun jika kita berbicara bisnis, bisnis tidak hanya mengenai 2 hal tersebut. Bila anda sengan merintis sebuah perusahaan baru ( Startup ), anda harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan banyak pihak seperti pegiat sesama pegiat bisnis, inverstor, komunitas, dan lain sebagainya.

Dari beberapa pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa anda harus bisa membangun sebuah jaringan bisnis yang baik agar anda bisa mendapatkan banyak wawasabn berbagai sudut pandang dan juga menambah relasi yang suatu saat bisa anda ajak berkolaborasi dalam membangun sebuah bisnis.

Membangun relasi dapat anda lakukan melaui beberapa jalur, seperti melalui business representative ( perwakilan bisnis) yang bisa anda dapatkan melalui event event tertentu seperti seminat, acara formal atau festival startup.

Lalu anda juga bisa membangunnya melalui jalur personal yang bisa anda dapatkan dari pertemuan komunitas, berkenalan di tempat tempat terntu dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya tidak semua orang yang bisa di ajak berkolaborasi membangun bisnis berada pada forum forum resmi atau instansi besar.

Apa Keuntungan Dari Terbangunnya Jaringan Bisnis?

Dalam dunia bisnis ada sebuah istilah "Social Power" yang mengambarkan bagaimana ikatan social sangatlah berpengaruh besar dalam pengembangan bisnis. Dengan terbangunnya relasi yang baik, hal itu akan membuka peluang bagi anda untuk bertemu dengan para investor dan bertemu rekan atau partner potensial yang bisa anda ajak berkolaborasi dan juga dapat memantu anda dalam prihal pengembangan bisnis.

Bagaimana Mengawali Dalam Membangun Relasi Yang Baik ?

Mulailah dengan mengikuti event tertentu seperti seminar, festival dan juga bergabung pada komunitas-komunitas. Anda juga dapat mulai berkenalan secara personal dan berbincang bincang santai dengan orang lain. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidaklah cukup, anda harus lebih selektif dan intens dalam memilih relasi yang dapat anda ajak berkolaborasi atau bekerja sama namun tidak mengesamping orang yang berada diluar kriteria tersebut. karena mereka juga bisa anda jadikan sebagi target pasar anda yang mana bila mereka merasa puas, mereka akan merekomendasikan bisnis anda ke pada orang lain.

Dalam memilih relasi, anda juga harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti informasi, dukungan, pengaruh politik, pengembangan pribadi, dukungan pribadi dan energi, tujuan, dan work life balance karena dalam dunia bisnis, manfaat adalah hal yang paling diharapkan. Simaklah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mulai membangun jaringan bisnis.

Bergabung Dalam Event / Suatu Acara

Datang dan bergabung pada sebuah acara seperti seminar, workshop dan festival merupakan kegiatan yang sangat potensial dalam menjaring teman atau relasi yang baik dan dapat anda ajak berkolaborasi dalam pengembangan bisnis. Carilah sebanyak banyaknya teman karena pengaruh social sangatlah kuat dalam pengembangan suatu bisnis.

Melakukan pertemuan Tatap Muka

Setlah anda berkenalan pada suatu acara atau event, langkah selanjutnya cobalah anda melakukan pertemuan tatap muka dengan teman yang anda kenal dari event event yang anda ikuti. Hal ini berguna untuk lebih mengenal mereka secara personal atau orientasi bisnis mereka.

Terhubung Pada Social Media

Setelah anda mengenal mereka, cobalah anda untuk terhubung dengan social media mereka seperti facebook, twitter, linkedin, instagram dan lain sebagainya. perhatikan apa saja yang mereka ikuti seperti group, komunitas, fanspage serta hal yang sering mereka bagikan pada teman social media lainnya. Karena jika orientasi mereka bertujuan dalam bisnis, biasanya hal yang mereka ikuti dan bagikan tidak akan jauh jauh dari topik bisnis.

Saling Menghormati

Saat anda berbincang bincang, cobalah untuk tidak menyela pembicaraan dan biarkan mereka secara tuntas menyelesaikan perkataanya. Karena orang yang baru anda kenal rentan untuk tersinggung ketimbang yang sudah lama anda kenal.

Usaha dalam membangun sebuah jaringan bisnis, Terkadang anda akan menemui sebuah penolakan. Seperti jika lawan bicara anda cendrung mengabaikan ide dan konsep anda. Janganlah putus asa dan tetaplah semangat dalam mencari relasi yang potensial, Karena mungkin memang mereka tidak cocok untuk diajak bekerjasama dengan anda.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram Nyaris Tanpa ...

dikertas.com - Penggunaan sosial media untuk menghasilkan uang bukanlah hal yang baru lagi bagi banyak ...

Cara Daftar Perpanjangan SIM Secara Online Tanpa ...

diKertas.com - Bagi anda seorang pengendara roda 2 / 4, pastinya sudah tidak asing lagi ...

Cara Membuat Curriculum Vitae ( CV ) ...

dikertas.com - Bagi anda yang sedang mencari sebuah pekerjaan, pastinya anda tidak asing lagi dengan ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis