Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona

Kesehatan & Kecantikan

02 Mar 2020, pukul 12:27

Subscribe
74x dilihat · 2x dibagikan · 0 komentar

Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona

dikertas.com - Bermula di Wuhan Tiongkok ( Chines ), Virus corona yang kini oleh WHO ditetapkan dengan nama Covid-19 telah memakan banyak korban jiwa dan terus bertambah hingga saat ini terutama di negara asanya. Virus ini dpat menyebar dengan cepat keseluruh penjuru dunia awalnya disebabkan oleh hewan, seperti kelelawar dan unta namun kini virus itu dapat menular karena adanya interaksi antar manusia terutama yang berasal dari daerah terdampak yaitu dari cairan yang keluar ketika si pembawa virus batuk atau bersin.

Kemampuan virus itu untuk bertahan di luar tubuh manusia hanya sebentar saja, dan penularan terjadi saat orang berdekatan satu sama lain. Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang lanjut usia, dan anak kecil, ada kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis.

Ketika terinfeksi virus corona, gejala umumnya seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek dan sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat menangkal wabah virus tersebut. Oleh karena itu, anda harus tetap menjaga kebersihan serta kebugaran tubuh anda karena orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dengan cendrung bisa tertular virus ini.

Untuk mencegah anda tertular wabah virus corona, ketahuilah beberapa tindakan yang harus anda lakukan guna terhindar dari penularan virus corona.

 

Selalu mencuci tangan dengan benar

Corona menular melalui interaksi antar manusia yang salah satunya seperti berjabat tangan, atau setelah anda memegang hewan atau benda lainnya. Jadi anda harus rutin mencuci tangan dengan sabun atau dengan air mengalir setidaknya selama 20 Detik.

Jika sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Anda juga dapat membasuhnya dengan cairan mengandung alkohol 70& yang dapat anda beli di apotek apotek terdekat guna membunuh virus atau bakteri penyebah infeksi. Bersihkan hingga ke sela jari jari dan kuku.

Menggunakan masker saat beraktivitas

sumber : alodokter.com

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

Menjaga daya tahan tubuh

sumber Gambar : www.talkmen.com

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Tidak pergi ke negara terjangkit

Sumber Gambar : okezone.com

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Agar tidak tertular virus ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

Cara cara di atas mungki tetap dapat membuat anda tertular, namu ndengan melakukan beberapa hal yang disarankan tersebut dapat memperkecil resiko anda dapat tertular virus corona. Selalu patuhi aturan yang ditetapkan departemen kesehatan guna mencegah penularan yang lebih massive.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Menghilangkan Pikiran Kotor Agar Menjadi Pribadi ...

diKertas.com - Memikirkan hal-hal yang berbau seksual sesungguhnya merupakan hal yang wajar dimiliki manusia. Namun ...

Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Tanpa Rasa ...

Komedo tentu sudah tidak asing lagi di telinga, ya. Hampir semua orang bermasalah dengan komedo. ...

Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Tahu nggak sih, Ma? Saya punya jerawat sejak SMP, makin parah saat SMA dan menjadi ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis