USER TO FOLLOW

pemuda idaman
Follow
Aden Fauzi
Follow
Andi Setiawan
Follow
basae1878
Follow
Amar Crc
Follow
Satria Luguh
Follow
radenhendra gmx
Follow
Dahean Putra
Follow

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Mencari Dan Mendapatkan Ide Untuk Membuat Sebuah Startup Potensial

Keuangan & Bisnis

1 Bulan Lalu, pukul 06:58

Subscribe
35x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Mencari Dan Mendapatkan Ide Untuk Membuat Sebuah Startup Potensial

dikertas.com - Startup adalah suatu istilah untuk perusahaan yang sedang dalam masa pembangunan atau sedang dalam masa rintisan yang mana istilah ini hanya berlaku untuk jenis usaha yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau usaha lain yang tidak ada hubungannya namun kegiatan dan operasionalnya mayoritas berada di jaringan internet.

Jenis-jenis dari startup juga sangat beragam, misalnya seperti perusahaan layanan transportasi, jasa pembuatan software, forum, social media, toko online dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri banyak sekali kemunculuan startup startup baru yang geliatnya dimulai pada awal tahun 1990. Beberapa contoh startup lokal yang kini telah sukses dan mendapatkan gelar "unicorn" atau perusahan rintisan (Startup) yang memiliki nilai valuasi melebihi $1 miliar Dolar atau setara dengan Rp 13.5 triliun Rupiah yaitu seperti Gojek, Tokopedia, traveloka, dan Bukalapak.

Pada era industri 4.0 saat ini, geliat munculnya startup terus menggebu-gebu dengan adanya dukungan akses internet yang cepat serta dukungan dari pemerintah secara regulasi dan badan hukum. Ditambah dengan sulitnya mencari lapangan kerja hingga menimbulkan sebuah pola pikir baru dikalangan anak muda ( Generasi Milenial ) untuk mendirikan perusahaannya sendiri.

Ide untuk menentukan jenis Startup yang potensial terkadang tidak dapat difikirkan, dan dicari namun ide tersebut dapat ditemukan. Mencari sebuah ide untuk membuat suatu Startup dapat di analogikan dengan mencari jarum didalam tumpukan jerami. Yang artinya memang sangat sulit untuk menemukannya dan terkadang tanpa sadarpun anda dapat meneukan ide tersebut yang bisa jadi sangat potensial untuk dikembangkan.

Banyak orang yang mencoba memaksakan mencari ide untuk mendirikan startup namun hanya menghasilkan ide yang buruk dan tidak memiliki nilai jual spesial dimasyarakat. Karena sejatinya anda mendirikan startup adalah untuk menghadirkan suatu hal baru yang tidak ada dan dimiliki orang lain. Ide membangun startup juga bisa anda dapatkan dari berbagai aktivitas keseharian anda karena pada dasarnya ide yang baik dan potensial akan muncul secara spontan dan tanpa diduga-duga. Dengan meilhat apa yang orang lain butuhkan namun tidak ada yang menghadirkannya kepada mereka mungkin hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi anda untuk menhadirkannya ke mereka.

Sebagai contoh beberapa perusahaan besar yang dulunya juga Startup seperti Google dan Facebook tidak pernah terpikirkan untuk menjadikannya sebuah perusahaan melainkan hanya menjadikannya sebagai sampingan atau hobi untuk mengisi waktu senggang dan dalam rangka pembelajaran. Oleh karena itu sebaiknya anda mulai mengerjakan projek-projek sampingan anda yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda untuk dijadikan sebuah startup karena bisa jadi projek projek tersebut yang akan mengantarkan anda menjadi seorang Founder Startup yang sukses.

Mungkin pada awalnya anda tidak akan menyadari potensi dari projek yang anda kembangkan, namun atau suatu titik tertentu dimana anda akan melihat potensi dari projek tersebut hingga yang tadinya hanya anda jadikan sebagai sampingan menjadi projek utama yang akan anda dedikasikan penuh untuk dikembangkan.

Ide Yang menurut anda buruk dan tidak memiliki nilai monetisasi terkadang merupakan ide brilian. Jadi jangan pernah menganggap remeh setiap ide yang terpikirkan oleh anda hanya karena anda menganggapnya tidak memiliki nilai jual, susah dimonetisasi dan hanya mencangkup pasar yang sempit. Padahal, hal tersebut bisa akan menjadi sebuah Startup besar.

Bagi anda yang kurang mengerti atau sulit memahami penjelsan di atas, kami menyusun beberapa langkah sistematis yang prosesnya dapat anda tentukan sehingga dapat anda jadikan referensi untuk mendapatkan sebuah ide cermerlang dalam mendirikan sebuah Startup.

Mencari Masalah dan Kebutuhan Yang Kamu dan orang lain Butuhkan

Startup yang baik sejatinya dapat bermanfaat bagi orang lain dan dapat disakan oleh banyak kalangan. Oleh karena itu cobalah anda melakukan survey pada masyarakat dan pelajari lebih lanjut mengenai apa saja kebutuhan yang mereka butuhkan namun belum bisa dihadirkan. Atau anda bisa mendapatkannya dari aktivitas yang biasa anda lakukan seperti bekerja, bermain game dan lain sebagainnya.

Jangan juga anda terlalu fokus untuk mendapatkan ide tapi mulailah dengan memikirkan masalah yang kamu dan orang lain hadapi karena ide yang potensial datang tanpa di duga-duga. Dan solusi dari masalah tersebut bisa menjadi sebuah ide startup yang bagus. Ajaklah teman, tetangga, atau orang lain untuk mengobrol ngobrol santai diselingi diskusi kecil.

Dari kegiatan tersbut kemungkinan anda bisa mendapatkan suatu masalah yang orang lain hadapi namun sulit menemukan solusi dari masalah tersebut. Mulai dari situ anda bisa membantu mereka menyelesaikan masalah dan menemukan solusi terbaik dari masalah yang mereka hadapi dengan cara anda.

Setelah anda menemukan solusi tersebut, cobalah merancang suatu skema atau rancangan kerja mengenai solusi yang anda tawarkan kemasyarakat yang mengalami masalah yang sama dengan anda atau dengan masalah yang anda teliti untuk mendapatkan pendapat dari mereka. jika mereka memberikan feed back yang sesuai atau mengiyakannya, berati memang ada kebutuhan akan solusi dari masalah tersebut.

jadi pada intinya, anda memerlukan seuatu aktivitas sosial untuk memahami dan mencari tahu masalah yang orang lain hadapi serta solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Melihat Peluang Pasar Dari Bisnis Lain Yang Tengah Mengalami Kemunduran

kemunduran dari bisnis yang orang lain hadapi bisa menjadi peluang bagi anda untuk mendirikan perisahaan serupa namun dengan kelebihan dan keunikan yang lebih dari perusahaan yang sedang mengalami kemunduran. Karena perusahaan yang mengalami kemunduran bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor. Seperti kurangnya layanan, fitur dan lain sebagainya.

Kita ambil contoh seperti facebook yang belum lama ini terkenan kasus pencurian data penggunanya oleh pihak lain. Mungkin hal tersebut bisa anda jadikan sebuah ide startup dengan membuat platform yang sama namun dengan fasilitas yang lebih mumpuni. Sebagai contoh karena kasus yang dialami facebook adalah kasus privasi dan keamanan, mungkin anda bisa membuatnya menjadi jauh lebih privasi dan lebih terjamin dari sisi keamanan data pengguna.

Anda juga dapat meilhat dari startup lain yang sedang berjalan. Anda bisa membaca dari ruanglingkup pasar yang mereka hadirkan serta produk yang mereka tawarkan. Anda bisa saja membuat yang lebih kompleks dari hal tersebut seperti anda membuat startup yang sama namun dengan ruang lingkup pasar yang lebih luas serta lebih banyak produk yang di tawarkan.

Bagaimana Jika Tetap Gagal ?

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan startup anda gagal untuk berkembang.

Seperti:

  1. Karena memang ide tersebut tidak cocok untuk dinikmati masyaraka.
  2. Cara penggunaan dan pengaksesan yang rumit dari segi penggunaan hingga membutuhkan perubahan
  3. Serta cara pengeksekusian anda yang mungkin saja salah atau kurang tepat.

Evaluasilah ke tiga point tersebut dan jangan pernah menyerah dan takut mencoba karena tidak ada startup yang dalam sekejap mata mendadak langsung besar dan menuai kesuksesan melainkan melaui proses panjang dan jatuh bangun. Ingatlah selalu ketika anda mengalami kegagalan bahwa "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda" dan anda harus terus berusaha membuatnya agar berhasil.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

1 Love

1 Yeay

1 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Mencari Dan Mendapatkan Ide Untuk Membuat ...

dikertas.com - Startup adalah suatu istilah untuk perusahaan yang sedang dalam masa pembangunan atau sedang ...

Cara Mengisi Saldo Iklan Di Google Lewat ...

Beriklan di Google memiliki beberapa pilihan pembayaran yaitu melalui kartu kredit, paypal, dan transfer bank ...

Cara Memenangkan Banding Terhadap Akun Google Adsense ...

dikertas.com - Sudah banyak artikel yang membahas mengenai akun Google Adsense yang terbanned atau dinonaktifkan ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis