Cara Mencegah Terjadinya Pencurian Uang Pada Rekening Bank

Keuangan & Bisnis

09 Mar 2019, pukul 13:08

Subscribe
165x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Mencegah Terjadinya Pencurian Uang Pada Rekening Bank

dikertas.com - Bank adalah saranan bagi seseorang untuk menyimpan uang yang mereka miliki dengan jaminan rasa aman yang ditawarkan oleh bank pedia layanan tabungan tersebut. Namun sayangnya juga hal ini tentu memiliki resiko seperti pencurian uang pada rekening nasabah.

Kejahatan perbankan yang menggunakan modus skiming atau phising kian hari makin menjadi jadi. Namun apa itu skiming ?. Digital Forensic Analyst Ruby Alamsyah menjelaskan skimming pada anjungan tunai mandiri (ATM) adalah teknik penyalinan data dari sebuah kartu ATM ke kartu atau penyimpanan data. Tindakan ini memungkinkan penyalin data bisa mendapatkan seluruh informasi dari kartu tersebut termasuk kata sandi atau pin untuk mengakses tabungan korban.

Modus kejahatan tersebut juga biasanya terdapat pada gerai gerai atm yang berada di tempat terpencil atau sepi. karena dengan tempat sepi para pelaku kejahatan dapat dengan leluasa memasang alat yang mereka gunakan untuk menyadap atau mencuri informasi rekening dari kartu atm anda. Alat tersebut juga biasanya terpasang pada mulut atm yaitu tempat anda memasukkan kartu ATM atau juga berada pada keboard tempat anda memasukkan pin ATM.

maraknya kejahatan tersbut, anda harus lebih berhati hati saat sedang mengambil uang di mesin ATM. Anda harus memperhatikan berbagai aspek dari si mesin tersebut. Seperti lokasinya dan juga tingkat kebersihan tempat atm itu berada. Karena kebersihan bisa menjadi indikator bahwa kawasan ATM tersebut terurus dengan baik. Untuk mencegah terjadinya kejahatan seperti ini, perhatikankan beberapa tip berikut ini agar terhindar dari kejahatan perbankan.

Mengintegrasikan Rekening Anda Dengan layanan E-Banking atau M-Banking

Dengan anda mengintegrasikan rekening anda dengan layanan internet banking atau mobile banking akan membuat pemamtauan lalulintas keungan anda jadi lebih mudah. Anda tidak perlu harus ke ATM untuk mentransfer atau untuk mengecek jumlah saldo pada rekening anda yang tentunya juga hal ini akan meningkatkan keamanan dari rekening anda.

Mengecek Berkala History Transaksi

Hal ini dilakukan untuk melakukan kontrolan pada setiap kegitan transaksi yang terjadi. Jika pada history transaksi terjadi transaksi yang mencurigakan atau mersa tidak anda lakukan, segeralah melapor ke Customer Service bank untuk dapat mengambil tindakan dengan cepat guna mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Mengaktifkan Notifikasi

Notifkasi ini berguna untuk memberitahu nasabar jika terjadi transaksi seperti transfer dan penarikan uang yang melebih batas yang telah kita tentukan. yang tentunya jika hal tersebut terjadi tanpa sepengetahui kita, kita dapat langsung mengetahuinya dan dapat mengambil tindakan dengan cepat.

Memilih Lokasi ATM Tempat Pengambilan Uang

Pilihlah lokasi ATM yang berada di keramaian atau di kantor cabang BANK . Karena hal tersebut dapat meminimalisir para pelaku untuk memodifikasi mesin ATM untuk digunakan kejahatan. Pertatikan juga pada bagian mulut tempat anda memasukkan kartu ATM dan juga pda bagian Keypad tempat anda memasukkan pin ATM.

Biasanya alat skiming yang dipasang hanya ditempeng menggunakan double tape. Coba juga sentuh pada bagian tersebut, jika ada bagian yang jika disntuh mudah digoyangkan maka segeralah melapor ke pada petugas keamanan setempat.

Menghindari Menggunakan Jaringan Publik untuk Mengakses Internet Banking

Skiming atau Phising juga bisa terjadi pada layanan internet banking. Hindarilah pengaksesan internet banking menggunakan jaringan publik seperti jaringan publik WIFI atau layanan internet publik lainnya. karena dikhawatirkan badwitch atau jalur akses dari jaringan tersebut sudah disusupi program jahat yang dapat mencuri seluruh data anda.

Perhatikan juga situs atau website bank jika anda ingin login ke akun bank anda melalui website. Perhatikannya nama domain serta SSL (Secure Socket Layer) dari website tersebut. Jangan sampai anda terkecoh untuk melakukan login pada situs palsu atau tiruan yang sengaja dibuat oleh para pelaku kejahatan perbankan. Jika anda melakukan login ke situs palsu tersebut, hal itu sama saja anda telah memberikan akses masuk ke rekening bank anda.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Mencari Dan Mendapatkan Ide Untuk Membuat ...

dikertas.com - Startup adalah suatu istilah untuk perusahaan yang sedang dalam masa pembangunan atau sedang ...

Cara Upgrade Akun OVO Ke Primer Secara ...

OVO adalah sebuah layanan jasa pembayaran berbasis Digital Technologi atau biasa dikenal dengan Fintech ( ...

Cara Membuat Akun Paypal Dengan Mudah Tanpa ...

dikertas.com - Paypal merupakan satu dari sekian banyak media pembayaran online yang populer. Hampir disemua ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis