Cara Backup & Restore Disk/Partisi Tanpa Masuk Ke Windows Dengan MiniTool ShadowMaker!

Komputer & Teknologi

03 Aug 2019, pukul 18:18

Subscribe
34x dilihat · 1x dibagikan · 0 komentar

Cara Backup & Restore Disk/Partisi Tanpa Masuk Ke Windows Dengan MiniTool ShadowMaker!

dikertas.com - Data merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang, terlebih jika membicarakan data yang berada di komputer ataupun laptop pribadi Anda. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari cara restore disk atau partisi agar dapat menyelamatkan data Anda di kemudian hari. Bagaimanapun, Anda tak bisa mengandalkan orang lain untuk menyelamatkan data Anda kecuali diri sendiri. Karenanya, persiapkan segalanya sebaik mungkin. Jika nantinya masalah terjadi, data yang ada tetap bisa terselamatkan.

Hal yang akan Anda butuhkan antara lain file backup praktisi atau disk dari MiniTool ShadowMaker, laptop atau PC yang dapat beroperasi secara normal, flashdrive untuk memasukkan WinPE dengan MiniTool ShadowMaker. Pastikan juga bahwa data Anda telah sepenuhnya terbackup dalam MiniTool ShadowMaker agar bisa dilakukan proses restore.

Bukalah MiniTool ShadowMaker

Setelah aplikasi ini mulai beroperasi, masuklah ke menu Backup. Pada bagian Source aka nada beberapa pilihan, klik Disk and Partitions. Selanjutnya, pilih Disk System. Jangan lupa centang semua partisi dalam disk tersebut tanpa terkecuali.

Pilihlah folder destinasi untuk menempatkan file backup

Klik Backup Now untuk melanjutkan. Sebaiknya Anda memilih media penyimpanan ke drive eksternal atau disk lain agar nantinya tidak terpengaruh jika perangkat Anda mengalami kerusakan.

Tunggu Hingga Proses Selesai

Langkah penting dalam cara restore disk atau partisi ini adalah melakukan backup dengan menggunakan WinPE alias Windows Preinstallation Environment. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi MiniTool ShadowMaker Pro. Namun jika tak memiliki lisensi Pro, Anda bisa menginstal versi trial yang menyediakan akses gratis selama 30 hari ke depan. Gunakan Fitur Media Builder dengan cara masuk ke menu Tools. Kemudian pilihlah Media Builder. Klik pada menu WinPE-based media with MiniTool plug-in. Kemudian pilih Flashdrive.

Proses Bootable

Setelah proses ini selesai, anda dapat melanjutkannkan ke langakah selanjutnya yaitu merestor data.

Menghubungkan flashdisk perangkat yang hendak di restore

Pastikan Flashdrive Anda terhubung ke perangkat yang hendak direstore. Nyalakan perangkat Anda, atur Boot Priority dari Windows Boot Manager menjadi Flashdrive.

Proses Booting

Lakukan proses Booting. Tunggu hingga Anda masuk pada halaman WinPE yang telah dibuat sebelumnya.

Memilih backup yang telah dibuat

Jika sudah masuk ke menu utama, di mana tampilannya hampir sama dengan MiniTool ShadowMaker, klik menu Restore. Lalu, pilihlah file backup yang telah dibuat

Memilih lokasi yang ingin direstore

Klik pada tombol Restore dan pilih partisi yang ingin direstore. Selama proses ini, sangatlah penting untuk memastikan MBR dan Track 0 Anda tercentang. Jika tidak, nantinya Anda tak akan bisa melakukan proses Booting.

Memilih partisi yang ingin ditimpa dengan data backup

Klik Next untuk melanjutkan. Pilihlah partisi mana yang hendak ditimpa. Pilih partisi mana saja kecuali yang digunakan untuk menyimpan file backup. lalu klik next dan tunggu proses restorasi berjalan.

Untuk berjaga jaga dari terjadikanya kerusakan partisi atau OS pada komputer anda, disarankan untuk melakukan backupsecara teratur terhadap data yang anda miliki untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kerusakan data.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Mengatasi 403 Forbidden Access Error Pada ...

dikertas.com - Error 403 adalah error yang disebabkan karena anda mencoba mengakses halaman web ataupun ...

Cara Monitor Bandwith Di Windows 10 Menggunakan ...

Internet adalah suatau kebutuhan mendasar bagi setiap manusia saat ini. Internet tidak hanya digunakan untuk ...

Cara Membuat Ribuan Sub Email Dalam Satu ...

Email adalah sebuah layanan surat electonik yang berbasis cloud untuk mengirim dan menerima pesan berupa ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis