USER TO FOLLOW

dudung abdulgani
Follow
ajang eman
Follow
Legend Top11
Follow
ojak bisa
Follow
Altaf Hfiy
Follow
Ferdi Jr
Follow
Alex Saputra
Follow
M Iqbal Aufa
Follow

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Instalasi Xampp Web Server Di Windows 7/8/10 Untuk Menjalankan PHP & Mysql

Komputer & Teknologi

10 Feb 2019, pukul 11:49

Subscribe
265x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Instalasi Xampp Web Server Di Windows 7/8/10 Untuk Menjalankan PHP & Mysql

dikertas.com - XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P) yang dikembangkan khusus untuk pengembangan dan pembuatan webserver lokal dengan untuk tujuan pengujian atau riset sebelum dapat diakses publik.

Di dalam xampp sudah tersedia 1 paket lengkap untuk membangun sebuah web server lokal seperti Apache Sebagai Webserver, Mysql Sebagai Database Server, PHP dan Perl sebagai Base Scripting Language. Sebagaian besar server website yang bertebaran di jaringan publik menggunakan teknologi yang sama seperti Xampp sehingga jika anda ingin melakukan migrasi server anda tidak harus melakukan banyak konfigurasi karena kesamaan komponent tersebut.

Sebelum memulai menginstall xampp, pastikan anda telah mengunduh Installer Xampp di website resminya : https://www.apachefriends.org/download.html pilihlah sesuai versi PHP yang anda inginkan. Namun, dari setiap versi tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok kecuali php versi 5.6 kebawah. Jika sudah mengunduhnya, bacalah tutorial untuk menginstall xampp di semua versi windows ini.

Nonaktifkan Antivirus

Dalam beberapa kasus, antivirus akan memblokir beberapa file file yang dubutuhkan xampp untuk di install yang sebenarnya file tersebut tidak memiliki potensi bahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mematikan terlebih dahulu antivirus untuk memperlancar proses instalasi.

Run As Administrator Pada Installer XAMPP

jika Operating System anda windows 7, b iasanya akan menampilkan alert seperti gambar di atas yaitu peringatan tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem. Klik “OK” untuk melanjutkan instalasi.

Klik Next Setlah Spash Screen

Pemilihan Komponen Yang Ingin Di Install

Pada bagian ini anda akan disajikan mengenai paket paket web server yang akan di install. Ceklis saja semuanya karena memang kita membutuhkan semua paket tersebut.

Memilih Lokasi Folder Penginstallan

Pilihlah lokasi tempat anda ingin menginstall xampp, Folder tersebut akan menampung seluruh komponent yang terdapat pada xampp. pastikan juga lokasi yang anda pilih masih mempunya sisa penyimpanan yang cukup.

Uncheck Kotak centang "Learn more about BitNami for XAMPP"

setelah itu lanjutkan dengan klik next dan proses instalasi pun akan berjalan. Jika ada permintaan akses firewall seperti apache, mysql dan lain sebagainya. Anda harus menyetujui permintaan tersebut dengan klik allow access.

Instalasi Selesai

Check Do you want to start the control panel now jika anda ingin langsung meruning xamp dan uncheck lah jika tidak menginginkannya. Lalu klik Finish.

Cara Mwnggunakan XAMPP Control Panel

XAMPP control panel memberi kita kontrol penuh atas semua komponen XAMPP yang telah di Install. Kita dapat menggunakan Control Panel untuk memulai / menghentikan modul yang berbeda, meluncurkan Unix shell, membuka Windows explorer sampai melihat semua operasi yang sedang berjalan di balik layar.

Berikut ini adalah gambaran singkat dari Control Panel. Untuk saat ini, kita hanya perlu tahu bagaimana untuk memulai dan menghentikan server Apache.

Keterangan dari nomor-nomor diatas adalah:

Nomor 1. Tempat Log semua aktifitas
Nomor 2. Alat untuk kontrol module XAMPP
Nomor 3. Menampilkan service yang sedang berjalan dibalik layar
Nomor 4. Membuka windows explorer
Nomor 5. Membuka Unix Shell
Nomor 6. Menampilkan semua proses dalam server
Nomor 7. Membuka panel konfigurasi

Untuk Menjalankan Server anda cukup dengan mengklik tombol Start pada apache dan Mysql. Jika sudah, Bukalah Browser pada komputer anda seperti Firefox ataupun Chrome lalu akseslah url http://localhost hingga tampil spash screen pemilihan bahasa xampp dan pilihlah bahasa inggris.

Setelah itu xampp sudah bisa di gunakan. Untuk workspace atau tempat untuk menyimpan dan mengeksekusi program berada pada Xampp/htdocs dan untuk mengakses mysql database, anda bisa mengakses url http://localhost/phpmyadmin.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Membuat Partisi Hardisk Pada Windows 7/8/10 ...

dikertas.com - Hardisk adalah media penyimpanan utama dalam seuah sistem komputer yang berguna untuk menampung ...

Cara Cek Versi WDDM Di Windows 7/8/10 ...

dikertas.com - Mungkin kita bertanya apa itu WDDM ( Windows Display Driver Model ). Menurut ...

Cara Menampilkan File Yang Terhidden / Tersembunyi ...

Sering kali kita menemui beberapa file pada komputer maupun flashdisk kita ada yang hilang tanpa ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis