USER TO FOLLOW

Zulfikar Fauzan
Anindya Ayla
Hendry
Shinnta Lua
Gracia Devi
Hagung Drajat
Legend Top11
Adi Surya

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Membuat Domain Pribadi Dalam Jumlah Banyak Pada Local Komputer / Localhost

Shigansina

31 May 2018, 5 Bulan Lalu

Follow

Cara Membuat Domain Pribadi Dalam Jumlah Banyak Pada Local Komputer / Localhost

Bagi anda para peselancar dunia maya, blogger, atau web programer tentu anda pasti mengetahui prihal mengenai domain. Terlebih bagi anda yang seorang website programer ingin melakukan ujicoba website pada komputer anda, tentu akan sangat bagus jika langsung live testing pada domain. Tentunya juga anda pasti merasa bosan dengan terus mengetik localhost tiap kali ingin melihat hasil karya anda dan ingin menggantinya menjadi sebuah nama domain pribadi.com, atau bebas.aja atau domain sesuai keinginan anda (domain pribadi).

Domain adalah sebuah system penamaan server komputer untuk mempermudah dalam pengidentifikasian dan pemanggilan akses sebuah web server. Bayangkan sebuah web server tanpa di berikan domain, tentu anda harus mengaksesnya menggunakan Ip Address web server tersebut yang belum tentu anda mengingatnya.

Domain juga dapat di akses secara offline atau local yang tentunya hanya dapat di akses oleh komputer anda ataupun perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama pada komputer anda. Lalu bagaimana cara memembuat dan menambahkan banyak domain pribadi pada kompuer anda serta mengatur directory virrtualnya masing masing ? . Dengan bantuan sofware Xampp web server anda dapat mebuat webserver anda sendiri dan tentunya dengan nama domain pribadi anda sendiri dengan leluasa . anda dapat mengunduh sofware tersebut pada website resminya https://www.apachefriends.org/ secara gratis.

Berikut cara membuat banyak domain pribadi pada komputer dengan menggunakan software Xampp di windows 7 / vista atau Xp.

Menambahkan Domain Name Pada Windows

Pastikan komputer anda sudah terinstall software text editor seperti Sublime dan Notepad++ yang bisa anda dapatkan secara gratis di website resminya. Tidak direkomendasikan menggunakan notepad bawaan windows karena notepad bawaan tidak bisa mendapatkan akses administrator.

Jika sudah terpenuhi akseskan direktori

=> C:WindowsSystem32driversetc

Dan editlah file Hosts dengan menggunakan sofware texteditor yang penulis rekomendasikan. Jika Muncul promp atau popup alert untuk meminta hak akses. Lanjutkan dengan klik run / yes.

Mengedit File Host

Jika sudah terbuka, ketikan pada baris terakhir domain pribadi yang anda inginkan dengan konfigurasi sebagai berikut

[ip address local] nama_domain.pribadi

dengan contoh sebagai berikut

127.0.0.1 namakamu.pribadi

keterangan :

untuk ip adress local, anda bebas memasukan range antara ip 127.0-254.0-254.0-254 . Mengapa harus demikian ?. karena ip address terbagi atas 3 kelas yaitu kelas A,B,C sedangkan ip 127.x.x.x tidak termasuk dari 3 kelas tersebut karena ip tersebut di khususkan untuk localhost atau local address

dan untuk damain name kamu bebas memasukkannya sesuka hatimu karena domain ini bersifat lokal jadi tidak akan bentrok dengan domain manapun. Jikas sudah tekan CTRL + S dan jika muncul popup maka kliklah run / yes. dan tekan CTRL + S lagi.

Cobalah tes apakan domain anda sudah terbuat atau belum dengan cara membukan CMD / Commandprom dan ketikan

ping domain.pribadi

jika berhasil maka akan muncul respon yang kurang lebih seperti di bawah ini

Microsoft Windows [Version 6.1.7601]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:Usershp>ping domain.pribadi

Pinging dikoran.com [127.0.0.1] with 32 bytes of data:
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time

Jika muncul seperti itu maka anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengatur root directory untuk domain yang telah anda tambahkan

Mengkonfigurasi Root Directory Pada Virtual Host XAMPP

Bukalah software XAMPP klik config -> apache( httpd.conf ). Dan pada baris terakir file httpd.conf masukan setting root directory dengan konfigurasi sebagai berikut


    ServerName [ip address]
    DocumentRoot "path root directorynya bebas"

Sebagai contoh ialah sebagai berikut


    ServerName domain.pribadi
    DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/folder_root_ku"

Keterangan :

direkomendasikan root directory tetap berada di dalam folder htdocs pada xamp. dan untuk servername, isikan seperti pada domain yang telah anda setting pada file hosts seperti pada langkah ke2. dan untuk document root, pastikan bahwa anda telah membuat folder root nya di dalam folder Xampp/htdocs sebeluh menyeting file httpd.conf.

Jika sudah maka save dan start kembali xampp dan lakukan pengetesan akses pada browser yang anda miliki lalu ketikan nama domain yang telah anda buat pada address bar. dan sampai tahap ini anda sudah sepenuhnya berhasil membuat domain anda pribadi.

 

Tips

Perhatikan tiap tiap langkah yang di jelaskan demi keberhasilan anda melakukan setup. Karena ini domain local, jadi domain hanya bisa di akses oleh komputer atau perangkat yang berada dalam 1 jaringan lokal saja, jadi tidak dapat di akses melalui domain name melainkan dengan ip address. Jika ingin komputer lain dapat mengakses webserver anda dengan domain name pribadi anda. Anda harus melakukan konfigurasi lebih pada domain domase server komputer anda dengan menggunakan perantara sofware lain atau dengan virtual machine linux yang dapat anda jalankan pada software VMware, Virtual Box dan sejenisnya.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Membuat Timeline Facebook Bersih Dari Konten ...

Disetiap akan diadakannya sebuah kontestasi politik, pastilah anda sering menemui berbagai macam kontent bermuatan politik ...

Cara Menggunakan WhatsApp di PC Tanpa Emulator ...

WhatsApp adalah aplikasi android untuk pengiriman pesan atau chat melalui internet, dan bisa di katakan ...

Cara Mengatasi .htaccess Tidak Bekerja Pada Cyberpanel ...

Cyberpanel adalah control panel script yang berfungsi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang di laukan pada ...

Tentang Kami | Hubungi Kami | Partnership
Term Of Use