Cara Membuat Partisi Hardisk Pada Windows 7/8/10 Lengkap

Komputer & Teknologi

28 Feb 2019, pukul 08:42

Subscribe
106x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Membuat Partisi Hardisk Pada Windows 7/8/10 Lengkap

dikertas.com - Hardisk adalah media penyimpanan utama dalam seuah sistem komputer yang berguna untuk menampung segala jenis data seperti data sistem operasi, data pekerjaan, tugas, dll. Jika kita berbicara mengenai hardisk, tentu kita tidak akan asing lagi dengan istilah "partisi". Partisi atau bagian adalah tindakan membagi-bagi size penyimpanan hardisk menjadi beberapa bagian guna mengelompokan data dalam sebuah komputer.

Banyak orang yang belum mengetahui mengenai partisi hardisk, apalagi saat mereka sedang melakukan install ulang komputer yang mana pada bagian ini menjadi bagian yang paling sulit untuk dilakukan. Dan juga kebanyakan orang menganggap bahwa partisi hanya bisa dilakukan hanya pada saat install ulang komputer saja, padahal sebenarnya tidak.

Komputer yang sudah terinstall sistem operasi juga masih dapat dilakukan partisi hardisk dengan memanfaatkan sisa penyimpanan hardisk yang tidak terpakai untuk dijadikan partisi baru pada komputer. Partisi hardisk dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi yang anda butuhkan, misalnya untuk keperluan mengelompokan data dan sebagainya.

Partisi juga sangat berguna saat anda akan melakukan dualboot atau menginstall 2 sistem operasi pada komputer yang sama agar data sistem operasi antara satu dengan yang lainnya tidak tercampur. Bagi anda yang belum mengetahui cara mempartisi hardisk, baca tutorial berikut ini dengan seksama.

Buka Windows Exploler

Lalu pada ikon komputer yang berada pada list partisi hardisk, klik kanan dan pilih manage untuk membuka windows partition tool.

Klik Disk Management

Memilih Hardisk Yang Sisa Penyimpanannya Akan Dibuat Partisi baru

Pilihlah hardisk yang sisa penyimpanannya akan anda jadikan partisi baru, lalu klik kanan pada hardisk tersebut dan pilih Make partition As Active.

Klik Next

Masukan Jumlah Size Yang Ingin Anda Partisi

Size yang and amasukkan jangan melebihi sisa size yang tersisa pada hardisk,  masukkanlah size yang berukuran kurang dari sisa size hardisk anda. lalu klik next.

Memberi Nama Disk Partisi

Cek Asignment  the following drive letter, lalu pilih huruf antara A-Z sebagai kode yang membedakan tiap-tiap partisi hardisk pada komputer. lalu klik next.

Memformat Ulang Partisi Baru

Cek Format this volume when the following setting lalu pilih NTFS pada file system dan pilih default pada allocation unit size. Lalu pada volume label anda bisa memberikannya nama secara bebas. dan juga chek perform a quick format lalu klik next.

Anda tidak akan kehilangan data sama sekali pada hardisk anda, namun formatin disini hanya akan memformat cache yang terbawa kedalam partisi baru nantinya.

Klik Next

Partisi sudah berhasil dibuat

Hasil partisi akan terlihat di windows exploler

Formating pada pembuatan partisi hanya kan menghapus data-data pada partisi baru saja dan tidak akan berpengaruh pada partisi lama anda. Data disini maksudnya adalah cache yang berasal dari partisi lama. Sebelum anda mempartisi, pastikan anda memiliki sisa size hardisk yang mencukupi dan minimal tersisa lebih dari 10GB.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

1 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Instalasi Xampp Web Server Di Windows ...

dikertas.com - XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan ...

Cara Membuat Gambar Dengan Background Transparant Di ...

Gambar adalah salah satu element penting dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan dunia digital seperti ...

Cara Mengatasi Apacahe Server Pada Xampp TIdak ...

dikertas.com - Xampp adalah ssebuah software paket lengkap untuk keperluan website programing yang bekerja sebagai ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis