USER TO FOLLOW

manchie bandung
Follow
ardian prahatta
Follow
Seila Firr
Follow
Rhye Loepoes Sangpen
Follow
Ari Tanjoeng
Follow
Niman
Follow
Kumaha Wehh
Follow
Budi Tama
Follow

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Memindahkan Htdocs Dan Database Mysql Pada Xampp Windows Ke Komputer Lain

Komputer & Teknologi

07 Feb 2019, pukul 02:31

Subscribe
2,094x dilihat · 1x dibagikan · 0 komentar

Cara Memindahkan Htdocs Dan Database Mysql Pada Xampp Windows Ke Komputer Lain

dikertas.com - Xampp adalah sebuah software webserver yang didalamnya sudah terdapat satu paket kebutuhan untuk menjalankan sebuah webserver pada local komputer. Beberapa tools yang terdapat pada Xampp ini diantaranya ada Apache sebagai web server, MySql sebagai database server dan PHP & Perl sebagai bahasa pemrograman yang di sediakan untuk mendevelper website.

Untuk mengakses MySql database, Xampp juga telah menyediakan PhpMyAdmin untuk membuat, merubah dan menghapus database mysql tanpa perlu anda harus menguasai Command Line interface ( CLI ).  PhpMyAdmin adalah sebuah website local yang disediakan oleh Xampp untuk mengakses database dengan Graphical User Interface.

Xampp juga digunakan oleh para web developer pemula maupun yang sudah expert untuk membangun dan menguji coba website buatan mereka sebelum mereka membuat website tersebut dapat bisa diakses secara publik ( di Onlinekan ). Dengan adanya xampp, mungkin ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin belajar web programing namun tidak memiliki webserver sendiri dan xampp dapat anda jalankan di local komputer anda untuk membangun website anda.

Pernahkah anda membayangkan bagaimana jika anda memiliki komputer baru dan anda ingin memindahkan xamp anda ke komputer baru tersebut tanpa harus kehilangan data-data website dan MySql databse anda? atau anda ingin upgrade xampp anda ke versi terbaru ?. Secara default, Xampp tidak menyediakan fitur untuk melakukan upgrade otomatis melainkan anda harus melakukan upgrade secara manual dengan menginstall ulang xampp versi terbaru pada komputer anda. Dan juga bila anda memindahkan Xampp ke komputer lain hanya dengan ( Copy / Paste ) Folder Xampp anda, terkadang akan mengalami error karena konfigurasi dasar xampp anda tentunya kan berbeda dengan komputer baru anda.

Pada dasarnya, folder tempat menyimpan project website anda terletak apda folder /xampp/htdocs dan folder tempat menyimpan file MySql database anda terletak pada /xampp/mysql/data. Jadi, backuplah kedua folder tersebut di tempat yang aman untuk nantinya kita pindahkan atau upgrade ke xampp yang baru atau dipindahkan ke komputer lain.

Untuk dapat memmindahkan htdoc dan database MySql pada Xampp ke komputer baru, pastikan juga komputer baru nada sudah terinstall xampp. Dan jika anda hanya akan mengupgradenya di komputer yang sama, anda cukup membackup folder htdocs dan data pada xampp terdahulu ke tempat aman lalu uninstall xampp terdahulu dan install lagi xamp versi terbaru. Bagi anda yang belum mengetahui cara memindahkan htdocs dan mysql data ke komputer lain dan cara upgrade xampp ke versi terbaru, bacalah panduan berikut ini.

Backup Folder Htdocs dari Xampp Terdahulu

Karena xampp pada komputer lama penulis berada pada disk C, jadi pindahkan folder htdocs yang berada pada C:/xampp/htdocs ke tempat lain yang aman. Sebagai contoh penulis akan memindahkannya ke D:/webserver/htdocs.

Backup Folder Database Mysql dari Xampp Terdahulu

Karena xampp pada komputer lama penulis berada pada disk C, jadi pindahkan folder data yang berda pada C:/xamp/mysql/data ketempat lain yang aman. Sebagai contoh penulis akan memindahkannya ke D:/webserver/data.

Buka XAMPP Control Panel Pada Xampp Yang Terbaru / Yang Lain

Buka File httpd.conf

Pada Xampp Control Panel, Klik tombol config pada apache dan pilih httpd.conf atau anda bisa membukanya secara manual menggunakan notepad++ dengan alamat file /xampp/apache/conf/httpd.conf setelah itu akan terbuka file tersebut. Lalu carilah konfigurasinya pada line 246 - 247

DocumentRoot "C:/xampp/htdocs" [ ubahlah path terbaru dari file htdocs anda]
<Directory "C:/xampp/htdocs"> [ ubahlah path terbaru dari file htdocs anda]
    #
    # Possible values for the Options directive are "None", "All",
    # or any combination of:
    #   Indexes Includes FollowSymLinks SymLinksifOwnerMatch ExecCGI MultiViews
    #
    # Note that "MultiViews" must be named *explicitly* --- "Options All"
    # doesn\'t give it to you.
    #
    # The Options directive is both complicated and important.  Please see
    # http://httpd.apache.org/docs/2.4/mod/core.html#options
    # for more information.
    #
    Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI

lalu rubahnlah bagian yang penulis tandai dengan alamat baru dari file htdocs anda. Sebagai contoh karena letak htdocs penulis berada pada D:/webserver/htdocs jadi nya sepeti ini:

DocumentRoot "D:/webserver/htdocs"
<Directory "D:/webserver/htdocs">
    #
    # Possible values for the Options directive are "None", "All",
    # or any combination of:
    #   Indexes Includes FollowSymLinks SymLinksifOwnerMatch ExecCGI MultiViews
    #
    # Note that "MultiViews" must be named *explicitly* --- "Options All"
    # doesn\'t give it to you.
    #
    # The Options directive is both complicated and important.  Please see
    # http://httpd.apache.org/docs/2.4/mod/core.html#options
    # for more information.
    #
    Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI

Jika sudah anda rubah, simpan dan restart xamp anda.

Buka File My.ini

Pada xampp control panel, klik config pada MySql dan pilih my.ini. atau anda bisa membukanya secara manual menggunakan notepad++ dengan alamat file xampp/mysql/bin/my.ini lalu ubahlah konfigurasinya yang berada pada line 32,137,dan 139

pada line 32

datadir = "C:/xampp/mysql/data"

-----------  menjadi --------------------

datadir = "D:/webserver/data"

Pada Line 137

innodb_data_home_dir = "C:/xampp/mysql/data"

--------------------- Menjadi --------------------------

innodb_data_home_dir = "D:/webserver/data"

Pada Line 139

innodb_log_group_home_dir = "C:/xampp/mysql/data"

------------------- menjadi ---------------------

innodb_log_group_home_dir = "C:/webserver/data"

Jika sudah, simpan dan restart xamp anda lalu aktifkan kembali apache dan mysql pada xamp anda. lalu bukalah http://localhost/phpmyadmin pada browser anda. Jika list database lama anda muncul, berarti anda telah sukses memindahkan / mengupgrade xampp anda.

Ikutin langkah demi langkah dengan benar untuk memastikan keberhasilan anda saat sedang migrasi, anda dapat merename folder htdocs atau data dan anda hanya perlu menyesuaikan path dirnya pada file httpd.conf dan my.ini . Pada Step 1 & 2 dilakukan pada xampp yang berada di komputer lama jika anda ingin memindahkannya atau versi lama jika anda ingin mengupgrade xamp anda. Lalu untuk Step 3 -5 berada pada xampp yang terbaru di komputer anda jika anda ingin mengupgradenya atau xamp yang berada di komputer lain jika anda ingin memindahkan xamp anda ke komputer lain.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


1 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Membuat Komputer Dapat Berbicara Dengan Anda ...

dikertas.com - Siapa tak mengenal sosok Tony Stark ?, seorang miliarder yang menciptakan sebuah baju ...

Cara Mudah Mengatur Lock Screen Timeout Di ...

Power Plane adalah system yang disediakan windows untuk memanagement penggunaan daya guna menghemat penggunaan baterai ...

Cara Backup Data Game Atau Aplikasi Di ...

Steam adalah platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation, yang menawarkan layanan permainan video ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis