ADVERTISMENT

Cara Mengatasi 403 Forbidden Access Error Pada WordPress

dikertasTEKNOLOGI

05 Sep 2018, 2 Bulan Lalu

Subscribe

Cara Mengatasi 403 Forbidden Access Error Pada WordPress

Error 403 adalah error yang disebabkan karena anda mencoba mengakses halaman web ataupun file yang dilarang untuk diakses. error jenis ini sering sekali terjadi dikala anda baru saja melakukan perpindahan hosting ataupun vps. error ini juga sering terjadi karena pada hosting lama dan hosting baru anda menggunakan web server yang berbeda beda. Misalkan hosting lama anda menggunakan apache dan hosting baru anda menggunakan Nginx ataupun Apache LiteSpeed. Berikut contoh respon  error ini yang paling umum terjadi:

Forbidden: You don't have permission to access [directory] on this server
HTTP Error 403 - Forbidden
403 forbidden request forbidden by administrative rules
403 Forbidden
Access Denied You don't have permission to access

Lalu, apakah penyebab utama terjadinya error 403 ?. Tentunya anda akan sangat merasa terganggu karena Tiba-tiba mendapatkan pesan error 403 pada saat Anda sedang melakukan pengembangan. Sungguh menyebalkan, bukan? Namun, sebelum kita mencoba mengatasinya, kita perlu terlebih dulu mencari penyebab sebenarnya. Penyebab sederhana mengapa pesan error ini muncul adalah karena Anda mecoba mengakses halaman atau website di mana Anda tidak memiliki permission untuk mengaksesnya. Menampilkan pesan error 403 forbidden merupakan salah satu cara website Anda yang menyatakan bahwa Anda tidak memiliki cukup permission untuk mengakses sesuatu lebih jauh. Umumnya, error ini terjadi karena Permission file atau folder yang salah dan Pengaturan pada file .htaccess yang salah. Berikut cara yang dilakukan untuk mengatasi error 403 pada wordpress.

Buka File Manager Pada Hosting Anda

Bukalah file manager pada dalam hosting anda. Biasanya setiap layanan hosting menyediakan akses file menggunakan file manager karena hal ini sangat mempermudah penggunanya dalam mengelola file websitenya. Dan jika anda menggunakan VPS yang belum terinstall Web Control Panel,  anda bisa menggunakan FTP (File Transfer Protocol). Tapi kami tetap merekomendasikan untuk anda menginstall Web Control Panel.

Jika sudah terbuka, masuklah ke dalam folder www/public_html atau /public_html ( Root Directory Website anda / Tempat folder instalasi wordpress anda berada) dan temukanlah file .htaccess lalu backuplah htaccess wordpress anda, simpan dalam komputer anda. Jika anda sudah membackupnya, hapuslah file htaccess yang berada di hosting anda tersebut. Mengapa harus dihapus? karena file htaccess lama wordpress anda tidak ter rewrite pada virtualhost web server anda sehingga htaccess lama anda menjadi htaccess mati yang tidak bekerja.

Membuka Adminpanel WordPress / wp-admin

Jika wordpress anda sudah bisa di akses lagi secara normal, maka penyebab utama error 403 wordpress anda adalah karena htaccess wordpress anda yang rusak. dan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat ulang file htacces wordpress anda. anda tidak pelu membuatnya melalui filemanager. karena fitur rebuild htaccess sudah di sediakan wordpresss di adminpanelnya. pada dashboard wordpress anda, Klilah Settings > Permalinks.

Tanpa Perlu membuat perubahan apapun, Klilah tombol save yang ada di bagian bawah halaman. Dan file htaccess baru anda pun sudah sukses dibuat

Mengubah Permition File Wordpress anda Menjadi 755

Karena salah satu penyebah 403 Forbidden error karena masalah hakses, maka anda harus mengubah permition file yang selain 755 menjadi 755. Bukalah filemanager hosting anda dan carilah folder tempat instalasi wordpress anda berada. dan arahkan pada root folder instalasi wordpress anda dan ubahla permitionnnya menjadi 755. jika sudah klik change permition / save.

Menonaktifkan Pugin Plugin Yang Tidak Sesuai

Jika Langkah 1 dan Langkah 2 tak juga memberikan hasil yang berarti, maka kemungkinan besar 403 forbidden terjadi karena plugin yang tidak sesuai atau salah. Di langkah ini, kami mencoba menonaktifkan plugin untuk melihat apakah ini merupakan cara mengatasi 403 Forbidden. Cara terbaiknya adalah menonaktifkan semua plugin secara bersamaan daripada melalui proses secara terpisah. Dengan langkah ini pula, Anda mampu mendeteksi masalah error dan menerapkan solusinya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Buka Filemanager hosting anda dan carilah folder tempat instalasi wordpress anda berada lalu Cari folder wp-content di halaman tersebut. Cari folder Plugins, dan ganti namanya, misalnya ‘disabled-plugins’ untuk memudahkan Anda melakukan pelacakan. Plugin kemudian akan dinonaktifkan.

Setelah Anda menonaktifkan semua plugin tersebut, buka kembali website Anda. Apakah langkah ini mengatasi error 403 Forbidden? Jika ya, maka plugin yang salah merupakan penyebab sebenarnya. Cobalah nonaktifkan plugin satu per satu, dan cek apakah website Anda sudah kembali berfungsi normal. Dengan langkah ini, Anda dapat mendeteksi plugin yang salah.

Kemudian Anda dapat memilih untuk memperbarui plugin tersebut jika diperlukan atau menginstall plugin yang baru. Hanya saja, jika tak ada satu pun langkah yang berhasil dilakukan, maka Anda harus menghubungi penyedia hosting Anda.

Lakukanlah langkah demi langkah dari panduan tersebut, hal ini dilakukan agar tidak ada error yang luput dari pengecekan dan perbaikan dan juga usahakan selalu membackup file utama anda untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Terimakasih

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Mengonlinekan Website Dari Localhost Ke Internet ...

Jika anda seorang Web Programer tentunya anda ingin agar website anda dapat di akses online ...

Cara menginstall nox player pada windows 7 ...

nox player adalah sebuah sofware ( emulator android ) yang memungkinkan orang dapat menjalankan aplikasi ...

Cara Membuat Mata Laser Atau Bercahaya ( ...

Bagi Kalian yang pernah melihat meme dengan mata bercahaya itu, kalian mungkin tau itu namanya ...

Tentang Kami | Hubungi Kami | Partnership
Term Of Use