Cara Mengatasi Apacahe Server Pada Xampp TIdak Mau Running

Komputer & Teknologi

21 Apr 2019, pukul 12:32

Subscribe
147x dilihat · 0x dibagikan · 1 komentar

Cara Mengatasi Apacahe Server Pada Xampp TIdak Mau Running

dikertas.com - Xampp adalah ssebuah software paket lengkap untuk keperluan website programing yang bekerja sebagai web server lokal untuk menjalankan program yang dibuat. Dengan menggunakan Xampp Web server, anda dapat menjalanlan program website anda pada jaringan lokal yang tentunya juga orang yang berada pada jaringan lokal yang sama dengan anda dapat mengaksesnya juga ( Local Area Network ).

Untuk dapat menjalankan sebuah web server, setidaknya anda membutuhkan 2 paket keperluan server yaitu Apache dan MySql, dan keduanya sudah tersedia secara utuh pada software Xampp. Apache akan bekerja sebagai web server atau sebuah lokasi virtual yang akan bekerjasama dengan DNS ( Domain Name Server ) agar website dapat diakses  komputer anda sendiri maupun komputer lain. Sedangkan MySql bekerja sebagai Database Management System yang mana tugasnya untuk mengelola dan menampung data data website anda. Seperti data konfigurasi, artikel, user dan lain sebagainya.

Bagi anda yang sedang menjalankan software ini lalu mengalami suatu error yang menampilkan pesan pada log proccess seperti dibawah ini.

<Apache Error>
18:06:30  [Apache] 	Error: Apache shutdown unexpectedly.
18:06:30  [Apache] 	This may be due to a blocked port, missing dependencies, 
18:06:30  [Apache] 	improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.
18:06:30  [Apache] 	Press the Logs button to view error logs and check
18:06:30  [Apache] 	the Windows Event Viewer for more clues
18:06:30  [Apache] 	If you need more help, copy and post this
18:06:30  [Apache] 	entire log window on the forums

<MySql Error>
18:07:47  [mysql] 	Error: MySQL shutdown unexpectedly.
18:07:47  [mysql] 	This may be due to a blocked port, missing dependencies, 
18:07:47  [mysql] 	improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.
18:07:47  [mysql] 	Press the Logs button to view error logs and check
18:07:47  [mysql] 	the Windows Event Viewer for more clues
18:07:47  [mysql] 	If you need more help, copy and post this
18:07:47  [mysql] 	entire log window on the forums

Error tersebut membuat yang mana salah satu dari kedua paket webserver diatas yaitu apache dan mysql tidak dapat di jalan kan atau bahkan keduanya tidak dapat dijalankan. Hal ini terjadi karena adanya miss configurasi otomatis yang dilakukan xampp sehingga antara windows dengan software xampp tidak match atau tidak compantible untuk dijalankan.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasi error tersebut. Seperti dengan merubah port dari apache dan MySql atau menangani perizinan firewall dari windows anda. Namun kedua solusi tersebut tidak dapat menyelesaikan maslaah error yang anda hadapi. Untuk mengatasi masalah error yang anda hadapi, bacalah tutorial berikut ini hingga selesai.

 

Melakukan Rekonfigurasi Ulang Xampp Anda

Anda perlu melakukan konfigurasi ulang pada xampp anda, masuklah ke dalam folder tempat xampp anda berada lalu carilah file setup_xampp.bat dan jalankan file tersebut dengan melakukan dobel klik. Tunggulah hingga konfigurasi selesai dan jika sudah, tekan enter dan jalankan kembali apache dan mysql anda. Cara ini sudah kami uji di beberapa versi xampp serta beberapa komputer yang mengalami masalah yang sama dan semuanya berhasil.

Jika pada xamm anda tidak terdapat file setup_xampp.bat , anda dapat mengunduhnya pada link yang tertera pada akhir tutorial ini. Dan jika sudah anda unduh, extract file tersebut dan letakan hasil extractnya didalam folder xampp pada komputer anda lalu jalankan file tersebut seperti penjelasan sebelumnya.

Selain cara tersebut, anda dapat mencobanya juga dengan mengganti port dari apache dan mysql di komputer anda. Namun cara tersebut terkadang kurang efektif dilakukan karena seharusnya port yang digunakan apache dan mysql yaitu port 80,443,3306 tidak digunakan oleh program lain dan seharusnya tetap berjalan normal.

Jadiguankanlah cara seperti tutorial ini, dan bagi anda yang file setup_xampp.bat tidak ada pada folder xampp, anda dapat mengunduhnya pada link berikut ini.

Download Setup_xampp.bat

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


3 like

1 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry
Radit Irawan

16 Jun 2019, pukul 07:11

Hay

0

PANDUAN SERUPA

Cara Import Atau Restore File Database SQL ...

dikertas.com - Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan di dalam komputer secara ...

Cara Copy File Yang Size Filenya Lebih ...

diKertas.com - Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan external yang banyak digunakan saat ini. Bentuknya ...

Cara Mudah Defrag Di Windows 10 Untuk ...

Semakin lama usia hardisk yang anda gunakan tentu akan memperngaruhi performa dari komputer anda. Hal ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis