Cara Mengecek Status Lisensi Pada Windows 10

Komputer & Teknologi

06 Aug 2019, pukul 02:47

Subscribe
133x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Mengecek Status Lisensi Pada Windows 10

dikertas.com - Saat anda membeli sebuah komputer baru ataupun bekas, biasanya komputer yang anda beli tersebut sudah terinstall sistem oeprasi windows beserta berbagai software yang berada di dalamanya. Kita ketahui bahwa windows adalah sistem operasi berbayar yang membutuhkan activation code untuk dapat menggunakannya walaupun tanpa kode aktivasipun anda tetap dapat menggunakannya, hanya saja anda akan dibatasi dari segi fitu yang dapat digunakan.

Produk yang membutuhkan sebuah aktivasi resmi pastinya juga memiliki celah untuk di crack atau di bobol agar anda dapat menggunakan versi fullnya tanpa harus membeli lisensi dan memasukkan activation code. Namun tentunya akan ada banyak kerugian yang anda dapat jika menggunakan versi bajakan dari windows.

Perlu kita ketahui bahwa ada 3 jenis lisensi yang terdapat pada windows, yaitu :

Retail

Nama lain dari lisensi ini adalah Full Packaged Product (FPP). Biasanya didapatkan ketika kamu membelinya di toko retail ataupun secara online. Berbeda dengan lisensi OEM, kamu bisa memindahkan lisensi Retail dari PC 1 ke PC lainnya.

OEM

Merupakan kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Jenis lisensi ini langsung dari perusahaan vendor pembuat Laptop, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke mesin lain. Dengan. Jadi misalnya, jika sebuah Laptop sudah pre-install dengan Windows 10 didalamnya, maka Lisensi OEM lah yang tertanam didalamnya dan tidak dapat dipindahkan lisensinya ke laptop lain.

VOLUME

Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki PC yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise. Perlu kamu ketahui, lisensi ini suatu saat akan expired dalam jangka waktu tertentu misalnya 6 bulan sekali. Ketika hal tersebut terjadi, maka perlu dilakukannya aktivasi ulang.

Untuk mengetahui jenis lisesnsi windows yang komputer anda gunakan, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui status lisesnsi windows 10 yang anda gunakan.

Membukan Command Prompt ( CMD )

Untuk membuka Command Line Promp ( CMD), anda dapat menggunakan fitur search yang disediakan oleh windows 10 dengan mengetikan keyword cmd atau bisa juga dengan menekan tombol windows + R dan mengetikan keyword cmd lalu tekan enter.

Memasukkan Perintah Akses

Setelah CMD terbuka, ketikkan command slmgr -dlv lalu enter lalu akan muncul popup window yang berisi detail lisensi dari windows anda seperti gambar di atas.

Untuk mendukung agar microsoft terus mengembangkan windows, gunakannlah windows yang original dan hindari menggunakan produk bajakan, Karena tentunya akan ada banyak benefit yang anda dapatkan ketimbang menggunakan versi bajakannya. Bijaklah dalam menggunakan sesuatu dan hargailah kerja keras mereka yang membangun sistem operasi Windows.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Menghentikan Reload Otomatis / Auto Tab ...

Chrome, tak bisa dipungkiri, adalah salah satu browser terbaik saat ini. Ada beragam kelebihan yang ...

Cara Mengecek Status Lisensi Pada Windows 10 ...

dikertas.com - Saat anda membeli sebuah komputer baru ataupun bekas, biasanya komputer yang anda beli ...

Cara Mengaktifkan Kuota Disk Pada Windows 10 ...

Kuota disk adalah fitur yang disediakan oleh windows untuk dapat mengontrol penggunaan disk yang bertipekan ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis