Cara Menginstall Phoenix Os Di Windows Untuk Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Rafa Setiawan

14 Jan 2019, pukul 10:28

Follow
660x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Menginstall Phoenix Os Di Windows Untuk Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Jika kamu ingin memainkan game Android di laptop atau komputer kamu, maka kamu bisa menggunakan emulator Android, seperti Nox Player, Memu dan lain-lainnya. Namun sayangnya, memainkan game di emulator Android cenderung berjalan ngelag atau patah-patah jika spesifikasi hardware laptop atau komputer kamu rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan sistem operasi Android versi PC yang dikembangkan oleh negara China, yaitu Phoenix OS.

Apa itu Phoenix Os ?! Phoenix Os adalah sistem operasi kusus yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi android di PC seperti layaknya software emulator android. Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game android di Phoenix OS tanpa lag.

Bedanya Phoenix Os dengan software emulator android seperti Bluestack, Nox Player, Ko Player, ataupun Windroyne adalah karena Phoenix OS merupakan sistem operasi android yang akan langsung di install pada hardisk komputer anda sehingga Core CPU dan Ram Komputer anda tidak akan terbagi penggunaannya dan akan terfokus ke Sistem Operasi Phoenix. Sehingga anda akan mendapatkan performa bermain game yang memuaskan tanpa lag. Sebagai Contoh saya telah mengujinya untuk bermain PUBG mobile dengan spesifikasi Komputer saya Core 2 Duo, Ram 4 GB.

Dan jika anda menggunakan software emulator tentu akan terjadi hal yang sebaliknya. Ram dan CPU komputer anda akan sangat terbebani karena RAM dan CPU anda akan terbagi 2 bagian. satu bagian untuk system operasi utama dan satu bagian lagi untuk software emulator. Tentu hal ini sangatlah tidak ramah bagi anda yang memiliki komputer Spesifikasi rendah dan anda pasti akan mengalami lag yang sangat mengganggu.

Pada intinya, Phoenix Os akan Berjalan di luar sistem operasi utama anda (Windows). Maka ketika anda menginstall Phoenix OS ini nanti, hasilnya seperti dual bot Windows dan Ubuntu (Linux). Dan keunggulan menggunakan Phoenix OS adalah lebih ringan ketika dijalankan/digunakan, daripada menggunakan aplikasi sejenis Bluestack/Windroye. Hal ini disebabkan karena Phoenix OS tersebut berjalan di luar Windows.

Bagi anda yang masih ragu bagaimana cara menginstallnya, pada tutorial kali ini saya akan menjelaskannya langkah demi langkah bagaimana menginstallnya dengan aman. Sebelum kita mulai menginstallnya pastikan anda telah mengunduh installer phoenix OS di website resminya yang kurang lebih filenya berukuran 600MB.

Jalankan Phoenix OS Installer

Jalankankan Phoenix Os yang telah anda download dengan klik kanan -> run as administrator. Dan tunggulah hingga window setup muncul.

Pilih Tombol Install

Pilih Lokasi Hardisk Untuk Di Install

Pilihlah Disk yang mempunya sisa size yang besar dan pada tutorial ini, penulis menggunakan Disk D.

Memilih Besar Hardisk Yang Akan Anda Gunakan

Pasti kamu berfikir kalau Phoenix OS akan memformat semua data pada hard disk yang kamu pilih. Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena Phoenix OS tidak akan memformat semua data pada hard disk yang kamu pilih. Melainkan akan membuat sebuah folder tersendiri, sebagai tempat untuk menyimpan file instalasi Phoenix OS, anggap saja seperti pemasangan aplikasi biasa.

Pastikan juga pada hard disk yang kamu pilih, memiliki ruang kosong sebesar 4 GB atau lebih dan jika sudah yakin pada hard disk yang kamu pilih, silahkan klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Pada bagian ini, kamu bisa menentukan ukuran data yang ingin kamu alokasikan untuk menginstall Phoenix OS. Jika kamu ingin menginstall banyak game dan aplikasi nantinya, sebaiknya pada bagian Data Size kamu memilih 8G atau lebih, tapi jika kapasitas ruang kosong pada hard disk kamu terbatas, sebaiknya kamu memilih 4G

Menunggu Proses Instalasi

Perlu diingat, jika pada bagian Data Size kamu memilih 8G, maka pastikan pada hard disk yang kamu pilih memiliki ruang kosong sebesar 8 GB dan jika kamu sudah yakin pada ukuran data yang ingin kamu alokasikan, silahkan klik tombol Install untuk mulai menginstall Phoenix OS.

Setelah itu, tunggu sampai proses instalasi selesai. Biasanya proses instalasi ini memakan waktu 2-5 menit. Lama proses instalasi tergantung dari besar hardisk yang anda pilih sebelumnya. Semagkin besar yang anda pilih, maka akan semakin lama proses instalasinya. Berdasarkan pengalaman penulism penulis membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menginstallnya dengan besar hardisk 32 GB.

Restart Ulang Komputer

Jika proses instalasi telah selesai, akan muncul jendela baru yang berisi informasi dimana Phoenix OS telah berhasil di install. Pada contoh kali ini, lokasi folder file instalasi Phoenix OS berada pada lokasi "D:PhoenixOS". Karena kita ingin langsung mencoba menggunakan Phoenix OS, maka klik tombol Reboot Now untuk merestart komputer/laptop untuk masuk ke sistem operasi Phoenix OS.

Menunggu Proses Booting

Karena ini booting pertama kali, jadi akan memakan waktu proses agak lama sekitar 15 - 20 menit.

Memilih Bahasa

Jika prosesnya telah selesai, maka akan muncul Welcome to Phoenix OS. Bahasa default dari Phoenix OS adalah Mandarin, jika kamu tidak mengerti bahasa Mandarin, kamu bisa memilih bahasa English (United States) pada kolom yang tersedia dan kemudian klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Menyepakati Perstujuan Penggunaan

Scroll down dan ceklislah aggrement dari Phoenix Os lalu klik tombol accept

Menghubungkannya dengan WIFI

Pada bagian Connect Network, kamu bisa menghubungkan jaringan yang tersedia. Karena tidak ada jaringan yang tersedia pada laptop Saya baik itu LAN dan Wi-Fi, maka Saya klik tombol SKIP untuk melewati bagian ini.

Pilih Skip Anyway

Akan muncul jendela baru, klik saja SKIP ANYWAY untuk menyetujui melewati bagian Wi-Fi ini. Tenang, walaupun kita menyetujui untuk melewati bagian Wi-Fi ini, tapi kita masih bisa untuk menghubungkan jaringan Wi-Fi atau LAN di pengaturan Phoenix OS nantinya.

Membuat Account

Pada bagian CREATE ACCOUNT, kamu bisa menulis nama profil untuk Phoenix OS pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol Finish.

Siap Di gunakan

Pada jendela Beginner\'s Guide, kamu akan melihat panduan untuk mengoperasikan Phoenix OS. Jika kamu sudah paham, untuk mengoperasikan Phoenix OS, silahkan klik tombol X untuk keluar dari jendela Beginner\'s Guide.

PENTING

Karena ini adalah dualboot, jadi anda bisa sesuka hati meilih boot sistem oprasi komputer anda. Anda hanya perlu merestart komputer anda lalu akan ditampilkan pilihan boot pada komputer anda. Pilihannya yaitu apakah akan Booting ke windows ataau Phoenix Os

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Memining Cryptocurrency Dengan Minergate Dan VPS ...

Cryptocurrency adalah mata uang digital desentralisasi dan di kelola oleh jaringan teknologi Peer-To-Peer. Pelaksanaannya tergantung ...

Cara Import Atau Restore File Database SQL ...

dikertas.com - Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan di dalam komputer secara ...

Cara Remote Android Dari Pc Dengan Menggunakan ...

Android adalah sebuah sistem oprasi yang di tanamkan pada sebuah ponsel pintar. sama halnya seperti ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis