USER TO FOLLOW

Indah Yau
Tivan Heavenly
paijo 054007
Nancy Najram
Rizki Cahyadi
Wor Gowor
Mas Bach
ojak bisa

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Mengonlinekan Website Dari Localhost Ke Internet

dikertasTEKNOLOGI

04 Sep 2018, 2 Bulan Lalu

Subscribe

Cara Mengonlinekan Website Dari Localhost Ke Internet

Jika anda seorang Web Programer tentunya anda ingin agar website anda dapat di akses online oleh banyak orang. Hal ini tentunya sangatlah mendasar bagi anda seorang Web Programer. Sebelum anda memulainya, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. yaitu : 

1. Nama Domain

Domain adalah sebuah nama yang anda butuhkan untuk melakukan pemanggilan website anda pada web browser yang tentunya ini sangatlah di butuhkan karena tanpa Domain name, anda harus mengakses website anda melalui IP Addres yang tentunya akan sangat membingungkan dan sama sekali tidak ramah pada Search Engine Optimation ( SEO ). Anda bisa mendapatkan Domain dengan membelinya ke penyedia domain yang banyak bertebaran di internet.

2. Hosting

Perumpamaan hosting ialah sebuh tempat untuk menaruh atau meletakan file website anda yang nantinya dapat di akses secara online. Tidak hanya hosting yang biasa anda jadikan sebagai Web Server, Namun Anda juga bisa menggunakan VPS ( Virtual Private Server ) dan Dedicate Server yang tentunya harganya pun lebih mahal dari pada Shared Hosting karena ini berkaitan dengan performa saat pengaksesan website anda. Beberapa penyedia hosting juga ada yang menyediakan layanannya secara gratis dan tapi terbatas dalam masalah fitur yang di sediakan.

Jika kedua syarat diatas sudah terpenuhi, kita bisa lanjutkan pada tahap berikutnya. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk memindahkan website dari localhost menuju hosting akan dapat diakses secara online.

Mengganti Nameserver Domain

Nameserver adalah sebuah pengalamatan domain menuju hosting tempat ia akan berlalubuh dan mengakses dan menampilkan website dari hosting anda. langkah ini sangatlah penting karena jika anda salah mensetting name server maka website anda tidak dapat di akses dan antara hosting dan domain tidak dapat saling berintegrasi. patut di ingat, bahwa nameserver akan selalu berbeda beda dan akan menyesuiakan dengan hosting tempat anda menaruh website anda

Membuat Dalabase Pada PHPMyAdmin

Database salah satu hal penting yang harus anda buat. database digunakan untuk menyimpan data berupa text, dan konfigurasi website anda. Sebelum anda mulai, anda harus membuat user database tersebut jika sudah masuklah menuju phpmyadmin hosting anda.

Pertama yang harus anda lakukan untuk membuat database adalah klik Tab Database lalu masukan nama database yang ingin anda buat pada column Creat Database dan biarkan tetap default pada colum colation.

Jika sudah terbuat, masuklah menuju database anda yang pilihannya telihat pada database list di bagian kiri layar phpmyadmin anda dan klik lah. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik tab import. Pada bagian ini anda di haruskan untuk mengimport file.sql yaitu file database yang telah anda export dari phpmyadmin localhost anda. Select file dan klik import

Mengupload Website Anda Ke Hosting

Pada Control panel hosting anda, masuklah ke fitur filemanager dan upload file website anda ke dalam folder /public_html hosting anda. File yang di upload harus berupa file yang telah dikompresi dalam bentuk ZIP. Jika sudah lanjutkan dengan mensetting Koneksi database website anda. Tentunya ini akan berbeda beda karena setia website terkadang memiliki letak setting yang berbeda. Namun pada intinya anda hanya harus mensetting Mysql User, Password, Host, dan Database webite anda yang biasanya teletak pada file dbconfig.php

untuk host cukup masukkan "localhost" , username / password / databasename sesuaikan dengan yang telah anda buat. jika sudah save dan cobalah akses website anda melalui web browser dengan mengetikan alamat domainnya.

Pahamilah setiap langkah demi langkah karena jika terlewat 1 saja dapt menyebabkan website anda tidak bisa diakses. Namun bagaimana jika semua sudah di setting secara benar tapi website masih belum bisa di akses?. Dalam masa integrasi domain dan hosting, ada yang namanya masa propagasi. yaitu waktu yang dibutuhkan agar domain dan hosting dapat benar benar saling terhubung dengan baik. Biasanya membutukan waktu +- 24 jam.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


1 like

0 Love

1 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Menggunakan Htaccess / Rewrite Url Di ...

CyberPanel adalah applikasi atau software yang di rancang untuk keperluan management website hosting, agar kita ...

Cara Mengatasi 403 Forbidden Access Error Pada ...

Error 403 adalah error yang disebabkan karena anda mencoba mengakses halaman web ataupun file yang ...

Cara Membuat Microsoft Account Dengan Mudah Dan ...

Akun Microsoft adalah sebuah kesatuan layanan terpadu dan gratis dari Microsoft yang mana jika Anda ...

Tentang Kami | Hubungi Kami | Partnership
Term Of Use