EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Merubah IP Address Wifi Pada Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Mudah

Komputer & Teknologi

16 Mar 2019, pukul 01:33

Subscribe
203x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Merubah IP Address Wifi Pada Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Mudah

dikertas.com - Dalam dunia internet, tentu kalian tidak asing lagi dengan istilah IP ( Internet protocol ). IP adalah sebuah pengalamatan suatu komputer yang dijadikan sebagai identitas untuk mengakses suatu jaringan baik lokal maupun global. Ip juga terbagi menjadi 3 Jenis berdasarkan ruang lingkup operasinya. Seperti IP Local yang hanya bersifat untuk pengalamatan komputer pada local area network, Lalu IP publik yang mana IP ini biasanya digunakan untuk terhubung langsung ke jaringan internet tanpa perantara apapun lalu ada juga IP Loopback atau IP localhost ( Perangkat ).

IP address juga memiliki 2 sifat berdasarkan distribusi pengalamatannya, yaitu bersifat static dan dynamic. jika static kita harus mengkonfigurasinya secara manual, berbeda dengan dinamis yang aman komputer secatra otomatis akan mendapatkan IP addressnya. Keuntungan menggunakan IP static adalah lebih mudah dalam trouble shooting karena lokasi pasti komputer sudah diketahui sedangkan dinamis sebaliknya.

Ada kalanya anda ingin merubah IP Address untuk kepentingan lain seperti sharing files, membuat adhoc server untuk bermain game, mencegah lokasi anda dilacak orang yang tidak dikenal dan lain sebagainya. Jaringan wifi termudah yang bisa kita dapatkan adalah wiifi yang berasal dari Hotspot smartphone android. IP yang didapat dari hotspot android kita dapatkan secara otomatis ( DHCP ), lalu bagaimana jika kita ingin mengubah IP nya pada komputer kita yang terhubung ke hostspot android tersebut?. Untuk itu, bacalah tutorial berikut ini untuk mengubah IP Address pada komputer.

 

Masuk Control Panel

Klik logo windows pada pojok kiri bawah layar windows anda lalu klik menu control panel. Atau anda bisa menggunakan RUN dengan menekan tombol berlogo windows pada komputer bersamaan dengan tombol R. Lalu ketikan Control Panel dan tekan enter.

Masuk Menu Network & Internet

Masuk Menu Network And Sharing Center

Masuk Change Adapter Setting

Pilih Adapter Network Yang Sedang Aktif Anda Gunakan

Jika anda menggunakan kabel sebagai media penghubung ke internet, maka pilihlah adapter yang memiliki tulis Network Cable. Namun jika anda menggunakan WIFI, pilihlah adapter yang memiliki tulisan wireless lan. Lalu klik kanan dan pilih properties pada adapter yang anda pilih seperti pada gambar di atas.

Dobel Klik dan Masuk Internet protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Setting IP Address

1. Check Use The Following IP Address

Pada bagian ini adan harus menghubungkan perangkat anda ke gateway atau penghuung utama komputer anda ke internet. yaitu dengan konfigurasi sebagai berikut :

  • Ip Address adalah alamat dari komputer anda, sebagai contoh misalkan IP Gateway atau Server anda 192.168.1.1 , maka pada ip address masukkanlah IP 192.168.1.2 dengan aturan dimana IP tersebut tidak digunakan oleh komputer lain. Jika sudah sudah digunakan, silahkan anda mengganti nomor ip pada bit terakhir dengan maksimal anglka 255.
  • Subnet Mask adalah istilah teknologi Informasi yang membedakan Network ID dan Host ID atau sebagai penentu porsi Network ID dan Host ID pada deretan kode biner. Fungsi dari subnet mask sendiri adalah untuk membedakan Network ID dengan Host ID dan menentukan alamat tujuan paket data apakah local atau remote. Jika Ip anda Kelas A, maka subnet masknya 255.0.0.0 lalu jika B maka 255.255.0.0 dan jika C maka 255.255.0.0
  • Gateway adalah IP perangkat utama yang terhubung ke server internet atau bahkan IP Server itu sendiri. Sebuah komputer jika tidak memiliki pengaturan gateway, maka ia tidak akan dapat terhubung ke jaringan internet.

Contoh Konfigurasi Ip Addrees

Ip Address : 192.168.1.10

Subnet Mask : 255.255.255.0

Default Gateway : 192.168.1.1

2. Check Use The Following DNS Server Address

Pada bagian ini, DNS akan berfungki untuk meregistrasi IP anda agar dapat terkoneksi dengan internet. Terutama sangat beruguna dalam pengaksesan suatu alamat website. Karena nama domain pada sebuah website menggunakan DNS server juga.

Contoh Konfigurasi DNS Server

Preffered DNS Server : 8.8.8.8

Alternate DNS Server :8.8.4.4

perbedaan antara preffered dengan alternate ialah jika DNS preffered tidak terhubung atau offline, maka secara otomatis akan menggunakan DNS Alternate.

Melakukan Test Ping 8.8.8.8

Bukalah Command Promt dengan cara menekena tombol berlogo windows di pojok kiri bawah layar bersamaan dengan tombol R lalu ketikan CMD dan enter. Setelah terbuka, ketikkan command ping 8.8.8.8 -t dan enter.

Jika outputnya selain Reply From 8.8.8.8, maka anda belum tersambung ke internet namun sebaliknya jika outputnya reply from 8.8.8.8, maka anda sudah berhasil mensetting IP Address. Pastikanlah bahwa IP yang anda masukkan benar dan tidak duplicate dengan yang lain.

Pastikan anda juga tahu dasar-dasar mengganti IP address. Sangat disarankan bagi anda memperdalam ilmu subnetting. Jangan sampai anda asal-asalan mengganti IP address PC anda, yang nantinya malah akan membuat koneksi PC anda dengan server atau PC lain putus

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

1 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Batasi Penggunaan Bandwith Pada Router Dlink ...

Bagi anda yang menggunakan internet rumahan tentunya sudah tidak asing lagi dengan router. Router adalah ...

Cara Membuat DHCP Server Dengan Router Mikrotik ...

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak jaringan yang berfungsi sebagai router network agar perangkat ...

Cara Menyimpan Video Yang Bersal Dari Timeline ...

Aplikasi LINE adalah aplikasi yang diperuntukan untuk chating layaknya social media pada umumnya. Layaknya Social ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis