Cara Setting CloudFlare Di Cpanel

Calon Pengusaha

15 Mar 2019, pukul 23:48

Follow
67x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Setting CloudFlare Di Cpanel

Kemanan dan kecepatan dalam mengakses suatu website merupakan hal yang sangat penting dan harus mendapatkan perhatian lebih saat anda sedang mengelola sebuah website. Setiap website tentunya memiliki sebuah celah atau kelemahan sistemnya yang mana hal tersebut bisa menjadi sebuah malapetaka bagi website anda.

Untuk menangani hal tersebut, kita dapat menggunakan suatu layanan jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai proxy antara website dan visitor yaitu Cloudflare. Dengan cloudflare, website anda akan lebih optimal dalam segi kecepatannya karena sistemnya akan menyimpan cache dari situs anda pada tiap-tiap servernya yang tersedia di berbagai negara. Alasan lain mengapa cloudflare membuat website lebih cepat di akses karena ia dapat mengkondisikan pengaksesan visitor berdasarkan server yang terdekat pada dirinya.

Karena sebelum visitor mengakses server utama situs anda, visitor akan dialihkan ke jaringan proxynya dan diverifikasi apakah visitor tersebut berupa bot atau sebuah serangan hacker. Baru setelah itu visitor akan diteruskan ke situs utama.

Selain hal itu juga, cloudflare menyediakan banyak sekali layanan seperti analistic, CDN ( Cloud Data Network), Firewall, Free SSL, dan lain-lain. Dan juga semua fitur tersebut dapat anda nikmati secara gratis. Untuk menginstegrasikan cloudflare dengan hosting yang menggunakan Cpanel, bacalah tutorial berikut ini.

Login Cpanel

Loginkan ke Cpanel anda yang biasa memiliki postfix /cpanel. Sebagai contoh http://domainkalian.com/cpanel. Atau jika tidak bisa, anda bisa menggunakan IP Address dari hosting anda untuk login ke cpanel.

Cari Menu CloudFlare

cari menu cloudflare pada home panel cpanel atau anda bisa mencarinya pada kolom pencarian dengan mengetikan kata kunci cloudflare, lalu klik.

Mendaftar CloudFlare

masukkan email beserta password kemudian centang tulisan "I agree to CloudFlare’s terms and conditions and privacy policy" lalu klik signup.

Mengaktifkan CloudFlare

Pilihlah domain yang akan anda hubungkan dengan cloudflare.

Ketika CloudFlare diaktifkan pada website Anda, nameserver akan secara otomatis mengikuti nameserver dari CloudFlare. Hal ini akan memungkinkan seluruh aktivitas ke dalam website akan tersaring dan dapat diakses lebih cepat karena semua lalu lintas melalui CloudFlare terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari CloudFlare.

  • Mengarahkan visitor pada koneksi paling cepat. CloudFlare akan mengarahkan visitor pada data center terdekat, sehingga website dapat diakses dua kali lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan CloudFlare.

 

  • Mengawasi lalu lintas berbahaya pada website. CloudFlare akan menerima permintaan akses dan menganalisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak. Hal ini dilihat dari IP, resource yang diakses, dan seberapa sering melakukan akses tersebut ke situs Anda. Apabila terlihat seperti sebuah ancaman, CloudFlare akan memblokirnya.

 

  • Sebagai cache konten statis. CloudFlare berfungsi sebagai cache konten statis untuk website, misalnya gambar, JavaScript, CSS, dan lain-lain.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

1 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara menginstall notepad++ pada system operasi windows ...

Notepad adalah software text editor yang digunakan untuk mengubah susunan kata dan huruf pada sebuah ...

Cara Setting Akun Email Hosting IMAP & ...

Email adalah sebuah teknoogi surat elektronik yang memungkinkan orang dalam mengirim surat dengan berbagai jenis ...

Cara Mendapatkan Domain Dot Tech Gratis Dengan ...

Bagi anda yang suka berburu domain gratis. Ini adalah saat yang tepat bagi anda mendapatkan ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis