Beberapa Nomor Punggung Legendaris Bintang Sepakbola Dunia

Renald Septian

1 Bulan Lalu, pukul 02:03

Follow
87x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Beberapa Nomor Punggung Legendaris Bintang Sepakbola Dunia

Dalam dunia sepakbola, seorang pemain bisa dikenal karena beberapa hal, diantaranya nama, klub yang dibela, negara asal, dan nomor punggung. Ya, tak bisa dipungkiri lagi, sejak pertama kali diperkenalkan penggunaannya pada tahun 1928 silam, nomor punggung memang wajib terpasang di belakang kostum seorang pesepakbola. Bahkan dalam perkembangan sepakbola modern ini, nomor punggung bahkan dikeramatkan oleh beberapa pemain atau sebuah tim. Berikut ini adalah beberapa nama bintang sepakbola dunia yang punya nomor punggung keramat.

Bixente Lizarazu (69)

Fans Bayern Munich pasti tahu siapa Bixente Lizarazu. Ya, pemain asal Prancis satu ini merupakan salah satu bek legendaris Die Roten. Sepanjang berkarier bersama Bayern, Lizarazu mengenakan nomor punggung 69, yang lalu menjadi ciri khasnya. Bagi sang pemain, 69 melambangkan tahun kelahirannya. Bahkan saat Lizarazu hengkang dari Bayern Munich, akhirnya pihak tim memensiunkan nomor punggung 69.

Ivan Zamorano (1+8)

Ivan Zamorano merupakan pesepakbola legendaris Inter Milan berkebangsaan Chile. Satu hal yang pasti sangat diingat oleh fans Inter mengenai pemain yang satu ini, merupakan nomor punggung khas Zamorano. Saat itu Zamorano berharap mendapatkan nomor punggung 9 di Inter Milan. Akan tetapi, Inter telah menyerahkan nomor itu pada Ronaldo de Lima. Alhasil, Zamorano tetap memaksakan nomor punggung 9 dengan cara memakai nomor 18, tapi meyisipkan tanda plus (+) di antara angka 1 dan 8.

Rogerio Ceni (618)

Bisa dibilang Rogerio Ceni merupakan penjaga gawang paling produktif sepanjang masa. Bagaimana tidak, sebagai seorang kiper, bukan hal yang wajar untuk mencetak gol. Kiper asal Brasil itu sukses mencetak 100 gol sepanjang berkarier bersama Sao Paulo. Ceni menceploskan 100 golnya saat melakoni laga ke-619 bersama timnya. Untuk mengabadikan momen bersejarah itu, Ceni pun akhirnya sempa memakai nomor punggung 619 di kostumnya.

Hicham Zerouali (0)

Hicham Zerouali (Aberdeen FC) mungkin adalah pesepakbola yang paling diingat oleh fans Liga Skotlandia. Pasalnya, ia adalah satu-satunya pemain di atau liga itu atau bahkan di seluruh liga resmi dunia, yang memutuskan untuk memakai nomr punggung nol (0). Ia memilih nomor punggung nol, karena sesuai dengan nickname atau nama panggilannya, yakni “Zero”. Namun, pemain kelahiran 17 Januari 1977 itu telah meninggal dunia pada 4 Desember 2004.

Ronaldo de Lima (99)

Penyerang asal Brasil ini merupakan salah satu pemain depan tersubur di ajang Piala Dunia. Ia sempat jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di gelaran Piala Dunia, sebelum dikalahkan oleh Miroslav Klose dari Jerman. Namun sepanjang ia berkarier, ia juga dikenal sebagai ‘si nomor 9’, karena ia sangat akrab dengan nomor punggung 9. Baik di timnas maupun di klub yang ia bela, nomor 9 selalu menempel di punggungnya. Suatu ketika saat bergabung ke AC Milan, Ronaldo tidak bisa memakai nomor punggung 9. Ia pun akhirnya memilih nomor 99. Alasannya bukan karena angka 9, tapi karena 99 merupakan brand es krim favoritnya, yakni “99”.

Shevchenko, Ronaldinho, Flamini (80, 76, 84)

Di tahun 2008, skuad AC Milan pernah dihuni oleh sederet pemain bintang. Tida diantaranya merupakan Andriy Shevchenko, Ronaldinho dan Mathieu Flamini. Ketiganya mempunyai nomor punggung yang unik, yakni 76 untuk Shevchenko, 80 Ronaldinho dan 84 Flamini. Ketiga nomor tersebut kompak dipilih oleh tiga pemain legendaris itu, karena sesuai dengan tahun lahir mereka.

Nomor punggung memang menjadi angka keramat yang dipercayai banyak pemain bola.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Beberapa Nomor Punggung Legendaris Bintang Sepakbola Dunia ...

Dalam dunia sepakbola, seorang pemain bisa dikenal karena beberapa hal, diantaranya nama, klub yang dibela, ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis