EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Terawat Dengan Baik

Hewan & Tanaman

01 Feb 2019, pukul 03:41

Subscribe
326x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Terawat Dengan Baik

diKertas.com - Memiliki hewan untuk dipelihara meruapakan hal yang menyenangkan karena hewan yang anda pelihara bisa jadi penghibur atau teman yang menemani dan mengisi hari hari anda. Namun memelihara hewan juga membutuhkan kerja keras lebih agar hewan yang anda pelihara dapat terawat dengan baik dan benar.

Jika anda ingin merawat hewan agar jadi peliharaan anda, anda mungkin harus melakukan beberapa riset terhadap hewan yang anda pelihara seperti jenis, makanan, dan lingkungan ia tinggal. Riset tersebut sangatlah penting untuk dilakukan agar anda dapat menciptakan sebuah kondisi dimana peliharaan anda nantinya dapat beradaptasi dengan lingkungan baru tempat ia tinggal.

Kecukupan secara finansial juga bisa menjadi tolak ukur anda dalam merawat hewan peliharaan karena pada beberapa hewan ada yang membutuhkan perawatan lebih. Jangan sampai karena anda memiliki keterbasan secara finansial anda jadi mentelantarkan hewan yang anda pelihara. Baralah tutorial berikut ini agar anda lebih memahami kiat kiat dalam merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar.

Mepersiapkan dan Mengenali hewan Yang Akan Anda Pelihara

1. Mengukur Kemampuan Anda untuk Merawat Hewan yang Akan Anda Pelihara

Meskipun memelihara hewan adalah kegiatan yang menyenangkan namun mereka tidaklah mudah untuk dirawat. Anda harus memiliki keluangan waktu yang lebih, kecupukan secara uang / finansial serta pemberian kasih sayang yang baik terhadap hewan. Selain itu juga, Beberapa hewan tertentu terkadang membutuhkan perawatan dan kebutuhan khusus. beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti berukut ini.

  1. Jika anda memiliki anak, carilah hewan peliharaan yang aman untuk dipeliharan dan diajak bermain anak anda.
  2. Tepat waktulah saat anda harus memberikan perawatan khusus pada peliharaan anda yang memiliki kebutuhan khusus.
  3. Jangan pelihara hewan jika kehidupan anda masih belum stabil seperti anda yang sering berpindah pindah tempat tinggal dan juga kurang memiliki kecukupan uang dalam memenuhi kebutuhan hewan tesebut.

2. Memilih Hewan Yang sesuai Dengan Gaya Hidup Anda

Tentu kita juga mengetahui kalau seperti kucing dan anjing memiliki banyak jenis yang berbeda, begitu pula dengan kebutuhannya yang berbeda beda. Lakukanlah berbagai riset sebelum anda memilih hewan tersebut untuk dipelihara. Seperti makanan, prilaku, jenis perawatan dan pernakan hewan tersebut.

3. Mengkondisikan Rumah Anda gar Siap Di Tinggali Hewan Peliharaan Anda

Sering kali jika anda tidak menyiapkan kandang atau tempat kusus untuk meletakan hewan peliharaan anda akan mengakibatkan masalah pada rumah anda karena pada dasarnya hewan selalu ingin tahu, makan dan bermain dan tentu saja hewan tersebut tidak bisa mendengarkan perintah yang anda berikan. Dan juga jauhkan bebagai benda-benda yang sensitif dan berbahaya dari hewan peliharaan anda agar peliharaan anda aman.

4. Penuhi Perlengkapan hewan Peliharaan Anda

Anda juga harus memiliki peratalatan yang lengkan untuk menunjang berbagai perawatan hewan peliharaan anda seperti peralatan mandi, pemotong kuku dan sabun sabun khusus serta berbagai nutrisi yang di butuhkan hewan.

Mengatur Jadwal Perawatan Rutin

1. Menyiapkan Anggaran Khusus Untuk Peliharaan Anda

Merawat hewan peliharan tentunya tidaklah gratis, anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk menunjang kebutuhan hewan yang anda pelihara. Berikut perkiraan biaya yang harus anda kluargan dalam menunjang kebutuhan hewan peliharaan anda.

  • Anjing — Rp7.800.000-Rp11.700.000, tergantung ukurannya.
  • Kucing — Rp7.800.000
  • Kelinci — Rp9.100.000
  • Hewan pengerat — Rp3.900.000-Rp8.450.000, tergantung ukuran
  • Ikan – Rp520.000
  • Burung kecil – Rp5.200.000
  • Burung besar (Beo, Macau) — Rp9.100.000-Rp15.600.000
  • Sisihkan beberapa juta untuk biaya dokter hewan darurat.

2. Kujungan Rutin Pemeriksaan Dokter

Langsung bawa hewan peliharaan anda ke dokter tepat setelah anda mengadopsinya dan juga aturlah jadwan kunjungan rutin ke dokter gara segala keanehan dan masalah yang terjadi pada peliharaan anda dapat terdeteksi sebelum terjadi masalah yang lebih buruk.

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Lengkapilah kebutuhan nutrisi hewan peliharaan anda seperti makanan yang bergizi dan pemberian vitamin untuk merawat kesehatan hewan tersebut. Jangan berikan sisa makanan anda pada peliharaan anda karena di indikasi zat yang terkandung pada makanan manusia tidak baik untuk tubuh hewan peliharaan anda. Berikan Porsi makanan yang pas dan tepat serta konsultasikan hal tersebut pada pakar dan ahli binatang.

4. Mengajaknya Bermain

Walaupun hal ini mutlak bagi anjing dan kucing, ikan dan kadal juga membutuhkan dedikasi dan cinta untuk bisa bertahan hidup. Hewan adalah makhluk sosial layaknya manusia. Oleh karenanya, Anda harus menyisihkan waktu untuk bermain bersama hewan peliharaan supaya mereka mendapatkan cukup olahraga dan rangsangan mental.


Berikan hewan peliharaan ruang untuk berkeliaran. Semakin besar ukuran hewan, ruang yang diperlukan pun semakin besar. Beli mainan atau set mainan untuk kalian mainkan bersama. Sesekali berikan camilan setelah hewan peliharaan Anda berperilaku baik. Dengan demikian, hewan termotivasi untuk berperilaku baik dan kebiasaan baik akan tertanam kuat pada hewan peliharaan Anda.

5. Membersihkan Peliharaan Anda

Hal ini akan menjaga kesehatan dan kebahagian kalian. Buat jadwal pembersihan reguler, setidaknya sekali 2-3 minggu, dan patuhi dengan baik. Bersihkan hewan peliharaan dan tempat tinggalnya untuk mencegah penyakit dan bau tidak sedap.

Untuk hewan yang besar seperti kucing dan anijng, Anda bisa membeli tempat pembersihan khusus yang dilengkapi bak besar dan slang air. Rawat bulu hewan secara teratur, misalnya dengan menyikat bulu atau menggosok sisik, sekali dalam beberapa hari. Untuk anjing dan kucing, pastikan Anda memotong kuku mereka supaya tetap pendek dan tidak patah.

6. Melakukan Riset Lebih Terhadap Peliharaan Anda

Meskipun artikel ini memberikan panduan umum untuk majikan hewan peliharaan, setiap hewan berbeda-beda dan Anda harus menyesuaikan diri dengan mereka. Bertanyalah pada teman yang memiliki hewan peliharaan sama, baca buku di perpustakaan, dan cari forum diskusi di internet terkait peranakan atau spesies hewan peliharaan Anda. Setiap ilmu yang diperoleh akan berharga. Jangan terlalu kaku saat membawa hewan peliharaan ke rumah. Hewan juga memiliki kepribadian dan akan memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda.

Tips

  • Pertimbangkan untuk merawat hewan yang telantar karena justru mereka yang membutuhkan kasih sayang lebih dari anda.
  • Ajaklah perliharaan anda bermain dan sesekali belailah peliharaan anda.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Terawat Dengan ...

diKertas.com - Memiliki hewan untuk dipelihara meruapakan hal yang menyenangkan karena hewan yang anda pelihara ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis