EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Membersihkan Jamur Pada Dinding Gipsum Yang Tidak Dicat

Bayu Setiawan

18 Feb 2018, 8 Bulan Lalu

Follow

Cara Membersihkan Jamur Pada Dinding Gipsum Yang Tidak Dicat

Jamur bisa muncul dimana saja, terutama ditempat-tempat lembab yang jarang diurus. Jamur juga bisa muncul di sebuah dinding, seperti dinding yang terbuat dari gipsum. Jamur jika dibiarkan dapat menimbulkan banyak masalah, contohnya adalah penyakit pada pernapasan. Untuk membersihkan jamur pada dinding gipsum yang dilapisi cat cukuplah mudah, namun berbeda hal jika dinding gipsum tidak di cat. Untuk itu simaklah cara berikut ini.

Tutup Area Tempat Anda Membersihkan Dengan Kain

Ketika membersihkan jamur pada dinding gipsum, spora pada jamur pastilah akan berterbangan. Oleh karena itu tutuplah area tempat membersihkan dengan sesuatu agar spora jamur tidak bertebaran kemana-mana.

Tandai Area yang Berjamur Pada Dinding.

Gunakan pensil untuk menggambar kotak halus pada semua area yang terlihat berjamur. Area kotak harus lebih luas daripada noda jamur dan harus mencakup area setidaknya dua balok dinding kayu di balik dinding gipsum. Membuang dinding luas daripada yang ditumbuhi jamur akan meningkatkan peluang membersihkan spora jamur yang tidak terlihat serta memungkinkan Anda untuk mengganti dinding gipsum pada bagian tersebut.

Potong Area Dinding Gipsum Menggunakan Pisau

Buatlah sebuat kotal atau lingkarang menggunakan pensil di area dinging berjamur. Kemudian Potong mengikuti garis dengan pisau, atur pisaunya hingga bagian dinding gipsum yang terpapar lepas. Jika bagian yang berjamur sudah lepas, ambil dengan hati-hati dan letakkan pada plastik di bawah dengan sisi berjamur menghadap ke atas.

Bersihkan Ruangan di Area Dekat Dinding Menggunakan Vakum HEPA (High Efficiency Particulate Air)

Ketika Dinding yang terkena jamur sudah dihilangkan, langkah selanjutnya adalah pembersihan. Dalam proses pembersihan, spora jamur mungkin terdorong ke lokasi lain. Penggunaan vakum HEPA akan membersihkannya.

Cat Bagian Dalam Dinding Gipsum

Anda juga sebaiknya mengecat bagian belakang dinding gipsum yang diganti menggunakan car elastomer atau semacam Kitz. Potong bagian dinding gipsum yang baru. Gunakan meteran gulung untuk mengukur lubang. Lalu, gunakan pisau serbaguna untuk memotong dinding gipsum baru dengan ukuran yang tepat sama, kemudian satukan potongan dinding gipsum baru ke arena dinding yang terbuka.

Rekatkan Lem Pada Sambungan Gipsum

Lem sambungan gipsum harus dioleskan di sekitar bagian dinding gipsum yang baru untuk membantu perlekatannya dengan bagian dinding lainnya sekaligus menutup rapat celah antar bagian.

Haluskan Sambungan Lem Pada Dinding Gipsum

Setelah lem pada sambungan dinding gipsum kering, Anda bisa menggunakan ampelas atau pemoles untuk menghaluskan lem sambungan gipsum yang telah mengering.

Bersihkan Lagi Ruangan dan Area Sekitar Dinding Menggunakan Facum

Walaupun dinding sudah diganti dan area ruangan dekat dinding sudah dibersihkan, ada baiknya ruangan dan area disekitar dinding dibersihkan lagi, untuk antisipasi masiha adanya spora jamur yang tersisa.

PERINGATAN!!

  • Selalu gunakan masker ketika sedang membersihkan dinding gipsum yang berjamur untuk menghindari spora jamur terhirup.
  • Apabila tidak memungkinkan membersihkan sendiri, baiknya gunakan jasa professional untuk hasil yang lebih baik.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


1 like

0 Love

0 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Membersihkan Jamur Pada Dinding Gipsum Yang ...

Jamur bisa muncul dimana saja, terutama ditempat-tempat lembab yang jarang diurus. Jamur juga bisa muncul ...

Tentang Kami | Hubungi Kami | Partnership
Term Of Use