USER TO FOLLOW

Mohammad Lihul
Follow
Giwa Margadikara
Follow
kumadu herbal
Follow
Roim
Follow
7amil 7amil19
Follow
Juan Alamansyah
Follow
dzaky azhar
Follow
Blue Moon
Follow

EDITOR'S PICK

ADVERTISMENT

Cara Membuat Efek Blur Background Pada Gambar (Autofokus) Menggunakan Adobe Photoshop

Seni & Hiburan

27 Feb 2019, pukul 08:05

Subscribe
265x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Membuat Efek Blur Background Pada Gambar (Autofokus) Menggunakan Adobe Photoshop

dikertas.com - Membuat foto dengan efek blur pada background mungkin bukanlah hal yang sulit bagi anda yang memiliki kamera DSLR canggih karena kamera tersebut mendukung fitur untuk melakukan hal tersebut. Namun tidak semua orang memiliki kamera DSLR yang canggih dan kebanyakan hanya menggunakan kamera smatphone yang tentunya kebanyakan kualitasnya jauh dibawah DSLR.

Tidak memiliki DSLR bukan berarti anda tidak dapat membuat gambar efek blur (autofokus), anda bisa mengatasinya dengan melakukan editing secara manual menggunakan software disain grafis seperti Adobe Photoshop. Fungsi dari efek gambar blur ini adalah untuk memfokuskan gambar kepada object utama dari gambar tersebut.

Bagi anda yang belum banyak mengetahui mengenai penggunaan adobe photoshop untuk melakukan editing background blur, bacalah tutorial ini secara utuh dengan memperhatikan pada tiap-tiap stepnya. Berikut, cara untuk membuat gambar dengan efek background buram atau blur menggunakan Adobe Photoshop.

Buka Gambar Yang Akan Di Blur Backgroundnya

Pada menubar, klik menu file lalu pilih open image. Setelah itu akan terbuka windows untuk memilih gambar mana yang akan anda edit. Pilih gambar nya dan klik open dan tunggu hingga photohsop meload gambar yaang akan anda edit.

Gunakan Pen Tools

Pada toolbar yang berada pada bagian kiri layar, klik padan pada pen tool lalu klik pen tool seperti pada gambar di atas.

Batasi atau Buat Garis Yang Mengelilingi Gambar Object Dengan Pen Tool

Mulailah membatasi / menggarisi keliling dari bagian object utama pada gambar yang tidak akan anda buat blur menggunakan pen tool hingga pada titik ujung awal anda mulai menggarisi dan akhir penggarisan saling terhubung seperti gambar pada step ke 4.

Tujuan dari penggarisan ini adalah untuk melakukan croping atau duplicate gambar object yang tidak akan di blutr yang nantinya gambar hasil duplicate ini akan dikombinasikan dengan gambar background yang telah dibuat blur.

Membuat Selection Part

Jika sudah tergarisi sepernuhnya, klik kanan pada object yang telah digarisi lalu pilih make selection.

Mengatur Kerapatan Pixel

Lalu akan muncul windows make selection untuk mengatur kerapatan pixel dari gambar yang akan diduplicate. Biarkan saja bernilai 0 lalu klik ok.

Menduplikat Object Gambar Yang Telat Di Selection atau Di Garisi

setelah itu tekan tombol ctrl+c lalu ctrl+v untuk menduplikast gambar.

Hide / Sembunyikan Object Gambar Hasil Selection Part

Layer dari gambar yang telah anda duplicate akan terlihat pada bagian layer box yang berada pada bagian pojok kanan bawah dari adobe photoshop anda. Yang mana pada tutorial ini, gambar hasil duplikasi bernama layer1.

Lalu setelah itu, klik lah tombol mata pada layer 1 untuk menyembunyikan gambar object yang telah diduplikasi tersebut untuk selanjutnya kita melakukan editing pada gambar utama untuk dijadikan blur.

Membuat Seluruh Gambar Menjadi Blur

Pada toolbar, klik kanan icon air hujan lalu pilih Blur Tool. Setelah itu, klik background pada layer box dan mulailah mengusap blur tool pada gambar background sampai benar benar terasa blur bagi pandangan anda.

Unhide / Tampilkan Object Gambar Hasil Selection

Setelah dirasa telah blur, kliklah kembali icon mata pada layer 1 yang terletak pada layer box untu kmenampilkan kembali object utama gambar anda.

Membuat Efek Shadow Pada Object Gambar Selection

Karena tujuan dari pembeuatan gambar efek blur ini untuk mempertegas object utama dari gambar, maka kita harus memberikan sedikit shadow efek pada sekeliling gambar object utama dengan mengklik layer1 kalu klik icon fx seperti pada gambar di atas. Lalu pilih drop shadow dan akan tampil efe box seperti pada gambar step 11.

Mengatur Ketebalan Bayangan

Aturlah ketebalan shadow yang anda ingin kan dengan mengubah pixel seperti pada gambar yang diblok merah diatas. Jika diarasa sudah cukup, klik ok.

Menyimpan Gambar

Sampai step ini, gambar dengan efek blur anda sudah selesai dibuat yang mana selanjutnya anda harus menyimpan gambar ini agar tidak hilang. Klik menu file lalu pilih save for web. Lalu pilihlah format gambar yang akan anda simpan sepert JPG,PNG JPEG ataupun GIF.

Hasil Akhir Gambar

dan inilah hasil akhir dari gambar yang telah dibuat autofokus atau diberikan efek blur pada background.

Tools utama yang digunakan pada tutorial ini adalah pen tool pada adobe photoshop untuk melalukan duplicate object utama yang akan difokuskan. Dengan cara ini, anda tidak memerlukan kamera canggih seperti DSLR untuk menciptakan efek blur ini, namun hanya memerlukan software editing yang cara penggunaanya pun tidak sulit anda sudah dapat membuat gambar efek ini setara dengan kamera DSLR.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


0 like

0 Love

1 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Mudah Screenshoot Di Windows 10 Tanpa ...

Snipping Tool adalah aplikasi Built-in pada Windows atau aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows, dimana ...

Cara Menambahkan Lirik Lagu Pada Spotify Android ...

Spotify adalah aplikasi penyedia layanan pemutar musik yang dapat anda gunakan secara gratis ataupun berbayar. ...

Cara Mengganti Background Foto Menjadi Biru / ...

dikertas.com - Pas foto adalah sebuah pelengkap utuk dokumen penting yang biasanya berkaitan dengan identitas ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis