Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Travel

17 Mar 2019, pukul 05:21

Subscribe
67x dilihat · 0x dibagikan · 0 komentar

Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Melakukan Perjalanan Jauh

dikertas.com - Berkendara adalah sebuah aktivitas untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya menggunakan alat transportasi. Jika anda akan melakukan perjalanan jauh, pastinya anda langsung terpikirkan untuk menggunakan moda transportasi umum seperti Bis, pesawat, kereta dan kapal laut. Namun tidak bisa di pungkiri lagi bahwa berkendara menggunakan kendaraan sendiri merupakan suatu hal yang menyenangkan. Anda dapat pergi kemanapun yang anda mau seperti mampir untuk makan, beristirahat, atau bahkan ke destinasi wisata tertentu.

Bagi anda pengguna sepeda motor, tentunya tidak asing lagi dengan "touring". Yak, kegiatan melakukan perjalanan jauh dengan tujuan untuk berwisata ini sering dilakukan oleh komunitas pecinta motor yang biasanya mereka berkonvoi saat sedang dalam perjalanan. Jarak yang mereka tempuh pun tidaklah dekat, bahkan ada yang sampai lintas provinsi dan pulau. Tentunya hal tersebut sangat menuntut pelakukan untuk melakukan banyak persiapan yang matang.

Sebelum anda melakukan perjalan yang jauh dengan kendaraan pribadi terutama bagi anda pengguna sepeda motor, alangkah baiknya anda harus melakukan banyak persiapan yang matang karena berkendara menggunakan sepeda motor lebih berpotensi mengalami kecelakaan ketimbang menggunakan mobil. Serta pastikan juga anda membawa dokumen lengkap dari kendaraan anda seperti SIM ( Surat Izin Mengemudi ) dan STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ). Berikut cara aman mengendarai sepeda motor saat akan melakukan perjalanan jauh dan touring.

Kelengkapan Surat Kendaraan

Hal ini menjadi perioritas utama anda sebelum berkendara, pastikan anda selalu membawa SIM dan STNK yang mana kedua surat tersebut akan berguna dikala terjadi suatu insiden atau razia kendaraan bermotor. Tentunya jika anda tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan akan sangat merepotkan anda jika kedua hal tersebut terjadi pada anda.

Menggunakan Perlengkapan Yang Tepat

Saat anda melakukan perjalanan jauh, tentunya akan terjadi banyak hal yang talk terduga seprti kecelakaan. Untuk meminimalisir dampak yang di timbulkan bila mana hal tersebut terjadi, gunakanlah peralatan yang memadai seperti Jaket, sepatu, celana panjang, sarung tangan serta helm yang berstandar nasional.

Siap Mengantisipasi Berbagai Kondisi

Diperjalanan kita tidak akan pernah tau seperti apa medan perjalanannya. Seperti berlumpur, banjir, macet, jalan rusak dan sebagainya. Maka dari itu, persiapkanlah berbagai keperluan untuk menghadapi kemungkinan hal tersebut akan terjadi.

Membaca Prakiraan Cuaca

Hal ini penting untuk anda lakukan karena jika dalam perjalan terjadi hujan lebat atau sebaliknya panas yang terik, anda sudah siap menghadapi hal tersebut. Pastikan anda selalu membawa mantel atau jas hujan untuk menghadapi cuaca buruk.

Jangan Mudah Terpancing atau Teralihkan

Dalam berkendara anda membutuhkan ketengan lebih, karena saat di perjalanan pastinya akan ada saja tindakan dari pengendara lain yang bisa menyulut emosi anda. Dan jika jika ada seseorang yang menelpon saat anda berkendara, jangan anda angkat sambil anda menyetir. lebih baik anda berhenti ke pinggir lalu mengangkatnya. karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasi anda saat berkendara.

Memperhatikan Rambu lalulintas

Jalanan pastinya memiliki beberapa resiko seperti karena berlubang, rusak, tikungan tajam, perlintasan kereta dan alin sebagainya. Oleh karena itu, perhatikannlah marka jalan karena marka jalan berisi informasi mengenai keadaan pada jalan yang akan anda lalui.

Helem Yang Berkualitas

Kepala adalah bagian yang paling vital. Jadi kenakanlah helm yang berstandar demi keselamatan anda dalam berkendara. Usahakan juga helm yang anda gunakan nyaman diapakai. Semakin berkualitas helm yang anda gunakan. Semakin besar kemungkinan anda dapat selamat pada suatu insiden kecelakaan.

Jangan Bawa Barang Berlebihan

Barang yang berlebihan akan mengganggu anda saat berkendara seperti pada saat tikungan, jalanan rudak, atau tanjakan curam. bawalah barang secukupnya dan memiliki prioritas lebih seperti perbekalan makanan, pakaian ganti, serta obat obatan.

Melakukan Pengecekan Mendalam Pada Performa Motor yang di gunakan

performa tubuh anda memanglah sangat penting, namun performa motor anda juga tidak kalah pentingnya  untuk di perhatikan, karena medan perjalanan yang bisa saja tidak selalu mulus akan membuat motor anda bermasalah jika tidak dalam kondisi baik. Dan tentu akan menjadi masalah besar juga jika jalur yang anda lintasi jauh dari akses bengkel. jadi lakukanlah service pada motor anda sebelum anda melakukan perjalanan jauh.

Memastikan Kesehatan Fisik dan Pikiran Anda

badan yang fit akan membuat perjalanan anda menjadi lancar dan menyenangkan. Jika kondisi tubuh nada kurang fit, hal tersebut akan mempengaruhi konsentrasi anda saat berkendara. Jadi lakukanlah medical chekcup dan membawa obat obatan seperlunya untuk mengantisipasi jika terjadi penurunan stamina pada tubuh anda saat dalam perjalanan.

Pengendara yang baik adalah pengendara yang mempersiapkan dirinya sebelum berkendara dengan baik serta mematuhi berbagai peraturan lalulintas yang ada demi keselamatan bersama saat berkendara dekat maupun jauh.

BAGIKAN

REAKSI PEMBACA


1 like

0 Love

1 Yeay

0 Wow

0 Sad

0 Angry

PANDUAN SERUPA

Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Melakukan ...

dikertas.com - Berkendara adalah sebuah aktivitas untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya menggunakan ...

Cara Mempersiapkan Berbagai Hal Sebelum Melakukan Pendakian ...

Beberapa tahun ke belakang ini banyak terjadi kecelakaan dalam berbagai aktivitas pendakian gunung di Indonesia, ...

Cara Terhindar Dari Kejahatan Saat Berada Di ...

dikertas.com - Setiap orang pasti memiliki kegiatan dan aktivitasnya masing-masing seperti bekerja, sekolah, berwisata, dll. ...

Tentang Kami · Hubungi Kami · Syarat & Ketentuan

F.A.Q · Panduan Menulis